7 Makanan Khas Kalimantan Timur, Ada Hidangan yang Dulunya Hanya Dinikmati oleh Para Raja

Candra Setia Budi ยท Jumat, 30 September 2022 - 15:24:00 WIB
7 Makanan Khas Kalimantan Timur, Ada Hidangan yang Dulunya Hanya Dinikmati oleh Para Raja
Makanan khas kalimantan timur, sambal raja. (Foto: Ist)

SAMARINDA, iNews.id - Makanan khas daerah Kalimantan Timur ada banyak, namun ada sebagian yang memiliki nama unik dan tidak ada di daerah lain. Bukan itu saja, makanan itu juga tergolong  jarang ditemui di daerah lain.

Makanan khas Kalimantan juga memiliki cita rasa  tersendiri. Makanan tersebut biasanya identik  dengan aroma rempah Nusantara.

Lalu apa saja makanan khas Kalimantan Timur:

1. Ayam cincane 

Ayam cincane merupakan ayam kampung yang dibakar dan dinikmati dengan sambal tomat. Sekilas, ayam cincane tidak berbeda dengan olahan ayam pada umumnya, namun menu ayam ini memiliki bumbu khas. 

Sebelum dibakar, ayam cincane direbus dengan bumbu khusus lalu dilumuri dengan bumbu dan dibakar.  Mulanya, ayam cincane hanya disuguhkan pada berbagai acara khusus, seperti pernikahan,  kelahiran dan upacara adat. 

Namun, seiring berjalannya waktu, menu itu juga disediakan oleh restoran-restoran di Kota Wisata Air ini.

2. Gangan manok

Gangan manok merupakan bakso khas Kalimantan  Timur. Namun, Berbeda dengan bakso umumnya yang  menggunakan daging sapi, gangan manok merupakan bakso yang terbuat dari daging ayam.

Gangan manok adalah sayur bening sejenis dengan makanan bakso dengan pelengkap bola-bola ayam. Penyajiannya dilengkapi sayuran bayam dan oyong yang kaya serat.

Gangan manok terkenal sangat gurih. Bola dagingnya bertekstur lebih lembut jika dibandingkan dengan bakso daging sapi. Ditambah dengan sayur bayam dan oyong, gangan manok sangat segar dinikmati.

Editor : Candra Setia Budi

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsKaltim di Google News

Bagikan Artikel: