Kebakaran Kilang Balikpapan Kerap Terjadi, Polisi Masih Selidiki Penyebab

Mukmin Azis, Antara · Senin, 16 Mei 2022 - 16:05:00 WIB
Kebakaran Kilang Balikpapan Kerap Terjadi, Polisi Masih Selidiki Penyebab
Kebakaran Area Pabrik Milik Pertamina atau Kilang Balikpapan (Foto: Instagram/ komunitas.cinta.balikpapan)

BALIKPAPAN, iNews.idPolda Kaltim masih menyelidiki penyebab kebakaran Kilang Balikpapan yang mengakibatkan satu pekerja tewas dan lima lainnya luka-luka. 

Dari beberapa kejadian kebakaran di Kilang Balikpapan, terutama setelah Proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) dimulai, kejadian pada Minggu (15/5/2022) siang merupakan yang pertama kali membawa korban jiwa.

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Yusuf Sutejo mengatakan, polisi masih melakukan penyelidikan atas kejadian tersebut.

Sebelumnya, kejadian yang berhubungan dengan Pertamina adalah kebakaran di laut akibat tumpahan minyak di tahun 2018, mengakibatkan lima orang meninggal dunia. 

Kejadian selanjutnya, jangkar kapal Ever Judger tersangkut pipa bawah laut dan menariknya hingga patah, mengakibatkan 40 ribu barel minyak mentah menyembur ke Teluk Balikpapan dan Selat Makassar. 

Pertamina dan unit-unitnya selalu menggelar latihan rutin untuk menghadapi berbagai keadaan darurat di kilang dan sekitarnya. Beberapa hari sebelum kejadian pada Minggu kemarin, Pertamina menggelar latihan penanganan kebakaran dan evakuasi korban. 

Sementara itu, jenazah korban tewas akibat ledakan dan kebakaran di Kilang Balikpapan diterbangkan ke Medan, Sumatera Utara, Senin (16/5/2022). Korban berinisial J itu rencananya dimakamkan di kota tersebut.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: