Petani Sawit Gusar, Begini Penjelasan Kepala Dinas Perkebunan Kaltim

Antara ยท Kamis, 28 April 2022 - 14:56:00 WIB
Petani Sawit Gusar, Begini Penjelasan Kepala Dinas Perkebunan Kaltim
Petani sawit di Provinsi Kaltim tengah gusar dengan penghentian ekspor minyak goreng dan sejumlah produk turunan kelapa sawit. (ist)

Dijelaskan, surat edaran Dirjen Perkebunan tersebut ditujukan ke semua gubernur setelah memperhatikan informasi sejumlah Dinas Perkebunan kondisi petani kelapa sawit serta Petugas Penilai Usaha Perkebunan (PUP) yang menemukan adanya Pabrik Kelapa Sawit (PKS) menetapkan harga beli TBS sepihak dengan penurunan antara Rp300 hingga Rp1.400 per kilogram.

“Kepada Pabrik Kelapa Sawit, Dirjen Ali Jamil mengingatkan tidak melakukan pembelian TBS Kelapa Sawit di luar ketetapan Tim Penetapan Harga TBS Provinsi,” terangnya.

Turunnya harga beli TBS oleh Pabrik Kelapa Sawit dikhawatirkan oleh para petani sawit sebagai imbas larangan ekspor migor dan CPO oleh Presiden Jokowi.

Padahal, larangan yang mulai diberlakukan Kamis (28/4/2022) tersebut diharapkan bisa meningkatkan produksi CPO untuk dalam negeri, sehingga ketersediaan minyak goreng tercukupi.

Tim penetapan harga Tandan Buah Segar (TBS) Sawit Kaltim pada Maret 2022 lalu menetapkan harga TBS periode April 2022 yakni Rp3.452,16 tiap kilogram bagi sawit umur 10 tahun ke atas, harga ini naik Rp 231,27 dari periode Maret.(*)

Editor : Febrian Putra

Bagikan Artikel: