Tinjau Titik Nol IKN Nusantara, Airlangga: Semoga Segera Terbangun Sesuai Rencana

Antara ยท Minggu, 19 Juni 2022 - 17:00:00 WIB
Tinjau Titik Nol IKN Nusantara, Airlangga: Semoga Segera Terbangun Sesuai Rencana
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto meninjau lokasi IKN Nusantara di Kalimantan Timur. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meninjau langsung pilar Titik Nol pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Pada peninjauan tersebut, Menko Airlangga juga diberikan penjelasan mengenai denah dan pentahapan pembangunan IKN Nusantara serta melakukan penanaman pohon.

”Saya berada di Titik Nol, Ibu Kota Nusantara. Harapannya semoga segera terbangun sesuai rencana,” kata Menko Airlangga Hartarto, Minggu (19/6/2022). 

Menko Airlangga menegaskan, pemindahan IKN Nusantara diharapkan mampu mendorong percepatan pengurangan kesenjangan dan peningkatan pertumbuhan perekonomian daerah. 

Oleh karena itu, tak hanya koordinasi dan sinkronisasi antar Kementerian/Lembaga (K/L) yang dibutuhkan untuk mewujudkan ini, tapi juga dukungan seluruh masyarakat Indonesia. 

Peran aktif masyarakat berupa penyampaian informasi, komunikasi publik, dan diseminasi tentang persiapan, pembangunan, dan pemindahan IKN serta penyelenggaraan IKN, hingga penyediaan ruang-ruang partisipasi dan konsultasi publik, menurut dia, turut mendukung pembangunan IKN secara berkelanjutan.

Saat ini pemerintah tengah melakukan percepatan pembangunan IKN Nusantara  guna memindahkan pusat pemerintahan. Kesenjangan ekonomi, pertambahan penduduk yang tidak terkendali, penurunan kondisi dan fungsi lingkungan, hingga tingkat kenyamanan hidup yang semakin menurun, melatarbelakangi gagasan pemindahan ibu kota negara. 

Penetapan IKN Nusantara dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara dan memiliki visi untuk mewujudkan “Kota Dunia untuk Semua”, sebuah kota ideal yang dapat menjadi role model bagi pembangunan dan pengelolaan kota di Indonesia dan dunia. 

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: