Amankan IKN, Polri Siapkan Polsek hingga Satuan Brimob

Antara ยท Minggu, 19 Juni 2022 - 02:32:00 WIB
 Amankan IKN, Polri Siapkan Polsek hingga Satuan Brimob
Polisi berjaga di Titik Nol Ibu Kota Nusantara (IKN) beberapa waktu lalu. Polri segera menyiapkan Polsek, Polres dan Satuan Brimob untuk pengamanan IKN. (Foto : Antara)

BALIKPAPAN, iNews,id- Polri segera menambah kekuatan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Dalam waktu dekat Polri menyiapkan polres, polsek, dan satuan Brimob.

"Untuk IKN ini, akan dibentuk satu kepolisian resor dan satu kepolisian sektor," kata Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Imam Sugianto, Sabtu (18/6/2022).

Tak hanya itu, Polri juga akan mengembangkan satuan Brigade Mobil (Brimob) termasuk unit khusus kepolisian dengan berbagai tugas pula. Tak jauh dari IKN di Tenggarong, akan ditempatkan batalion pelopor untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan gangguan keamanan.

Imam mengatakan, penambahan kekuatan tersebut sudah berdasarkan kajian secara detail berbagai aspek mengenai keamanan dan pengamanan IKN.

Saat ini wilayah IKN masih dalam yurisdiksi atau kewenangan Polsek Semoi dan Sepaku di bawah Polres Penajam Paser Utara.

Imam menjelaskan bahwa kepolisian resor (polres) adalah satuan atau unit kerja polisi dalam wilayah hukum satu kota atau satu kabupaten. Komandannya seorang polisi karier berpangkat ajun komisaris besar polisi (AKBP).

Bila jumlah penduduk kabupaten atau kota tersebut mencapai 1 juta jiwa atau lebih, lanjut dia, jabatan kepala polres (kapolres) berpangkat komisaris besar (kombes) polisi.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: