Tarian Dayak Kalimantan, Ada Unsur Perang hingga Pengusir Roh Jahat

Fajar Hendra Jaya ยท Jumat, 05 Agustus 2022 - 16:18:00 WIB
Tarian Dayak Kalimantan, Ada Unsur Perang hingga Pengusir Roh Jahat
Tarian dayak Kalimantan biasa dilaksanakan dalam upcara adat maupun penyambutan tamu. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Tarian dayak Kalimantan merupakan kesenian dari suku dayak. Tarian ini biasanya dilakukan saat acara adat atau untuk menyambut tamu.

Tarian dayak Kalimantan memiliki makna mendalam dan kaya akan nilai seni. 

Berikut tarian dayak Kalimantan:

Tari Kancet Papatai

Tarian dayak Kalimantan di antaranya, tari kancet papatai. Tari ini merupakan tarian yang menggambarkan kekuatan laki-laki dayak saat melakukan peperangan melawan musuh. 

Penampilan tari kancet papatai akan diiringi lagu berjudul Sak Paku dan alat musik bernama Ampe. Tari dayak ini memiliki gerakan yang lincah. Setiap penarinya akan menari dengan penuh semangat dan sambil berteriak dengan penuh antusias untuk mengekspresikan makna yang ada dalam tarian tersebut.

Tari Hudoq

Tari hudoq merupakan tarian dayak yang berisi doa dan harapan suku dayak untuk mendapat hasil panen yang melimpah dan agar tanaman bisa terhindar dari serangan hama dan penyakit. Keunikan tarian ini menggunakan topeng yang bermuatan binatang buas bertujuan untuk menakuti hama agar tidak menyerang tanaman.

Tari hudoq biasanya ditampilkan saat acara pembukaan lahan pertanian, ataupun saat masa tanam tiba. Jadi sebelum menanam mereka merayakan musim tanam dengan suka cita. 

Tari hudoq juga dianggap mistis karena masyarakat dayak percaya bahwa tarian ini mampu menjadi perantara dengan alam gaib.

Tarian Hudoq Kita

Tarian hudoq kita memiliki fungsi yang sama dengan tarian dengan tarian hudoq biasa, yakni sebagai ucapan rasa syukur. Meskipun memiliki fungsi yang sama, namun kedua tarian ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Tarian dayak yang berkembang di masyarakat dayak kenyah ini memakai topeng berbentuk wajah manusia dengan corak ukiran dan warna khas suku dayak. Selain itu, lantunan musik serta gerakan tariannya berbeda dari tarian hudoq, sehingga kedua tarian ini merupakan tarian yang berbeda.

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: