Tabrak Jembatan Martadipura, Kapal Tongkang di Kutai Kartanegara Tersangkut dan Tak Bisa Bergerak

Abriandi · Jumat, 08 April 2022 - 11:21:00 WIB
Tabrak Jembatan Martadipura, Kapal Tongkang di Kutai Kartanegara Tersangkut dan Tak Bisa Bergerak
Sebuah kapal tongkang tabrak Jembatan Martadipura di Kota Bangun, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim),  Jumat (8/4/2022) pagi hingga tak bisa bergerak. (Foto: Istimewa)

KUTAI KARTANEGARA, iNews.id – Sebuah kapal tongkang tabrak Jembatan Martadipura di Kota Bangun, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim),  Jumat (8/4/2022) pagi. Akibatnya kapal pengangkut peralatan konstruksi tersebut tersangkut di bawah jembatan yang merupakan akses utama ke daerah hulu Kutai Kartanegara.

Dilansir dari https://kutai.inews.id/, tongkang dengan tugboat sedang berlayar ke arah hulu. Namun, saat hendak melintas di bawah jembatan Martadipura, bagian depan tongkang tiba-tiba tersangkut di rangka jembatan

Nakhoda kapal diduga salah memperkirakan ketinggian muatan tongkang. Apalagi, saat ini kondisi Sungai Mahakam sedang banjir sehingga memperpendek jarak antara permukaan air dengan konstruksi jembatan.

Saat ini tongkang pun tersangkut dan tidak dapat bergerak. Tugboat penarik terlihat beberapa kali berusaha menarik tongkang yang tersangkut di rangka baja jembatan lengkung tersebut.

Kejadian ini dikhawatirkan mempengaruhi konstruksi jembatan yang menghubungkan Kota Samarinda dengan tiga kecamatan yakni Kembang Janggut, Kenohan, dan Tabang.

Seperti diketahui, ini bukan pertama kalinya Jembatan Martadipura ditabrak tongkang bermuatan batubara. Namun tidak terlalu berpengaruh pada konstruksi jembatan tabrakan hanya terjadi pada gunungan tumpukan batubara yang terlalu tinggi.

Hingga berita ini diturunkan, kapal penarik masih berusaha melepaskan tongkang yang tersangkut di rangka baja jembatan tersebut.

Editor : Dita Angga Rusiana

Bagikan Artikel: