Polisi Gadungan Mengaku Kapolres Berau Ditangkap, Tipu Korban Rp179 Juta

Tim iNews.id · Selasa, 13 September 2022 - 14:09:00 WIB
Polisi Gadungan Mengaku Kapolres Berau Ditangkap, Tipu Korban Rp179 Juta
Kapolres Berau AKBP Sindhu Brahmarya saat merilis kasus komplotan penipu asal Sulsel. (foto: Humas)

TANJUNG REDEB, iNews.id - Komplotan polisi gadungan yang melakukan penipuan dengan modus mengaku sebagai Kapolres dan Kasat Reskrim Polres Berau ditangkap. Total ada lima pelaku ditangkap yang melancarkan aksinya dengan cara menelepon para korban.

Kapolres Berau AKBP Sindhu Brahmarya mengatakan, para pelaku merupakan sindikat penipuan yang beraksi lintas provinsi. Mereka ditangkap di wilayah Sulawesi Selatan. Dari aksinya tersebut, mereka menguras uang korban hingga Rp179 juta yang ditransfer ke rekening para pelaku.

"Identitas kelimanya yakni AB yang berperan sebagai Kapolres Berau, SA berperan sebagai Kasat Reskrim Polres Berau, HA, YF dan SN berperan menarik uang. Mereka ditangkap di lokasi berbeda," ujar Kapolres didampingi Kasat Reskrim Iptu Ardian Rahayu Priyatna, Senin (12/9/2022).

Dia menjelaskan, para pelaku ditangkap di Kecamatan Wotu Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Sementara otak penipuan yakni AB ditangkap di Kabupaten Sidrap, Sulsel. Sisanya diringkus di Berau.

Kasus penipuan ini terbongkar setelah korban melaporkan adanya permintaan uang yang mengatasnamakan Kapolres Berau pada 24 Agustus lalu. 

“Korban melapor mengalami kerugian Rp179 juta. Namun saat dilakukan penangkapan, barang bukti yang tersisa dari tangan pelaku sebesar Rp83.809.000,” kata Kapolres.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: