Penuhi Kebutuhan IKN, Gubernur Kaltim Minta Produksi Pangan Digenjot

Antara ยท Jumat, 15 Juli 2022 - 18:37:00 WIB
Penuhi Kebutuhan IKN, Gubernur Kaltim Minta Produksi Pangan Digenjot
Pemprov Kaltim berkomitmen menggenjot produksi pangan untuk memenuhi kebutuhan IKN. (Foto: Antara)

SAMARINDA, iNews.idPemprov Kaltim berkomitmen menggenjot produksi pangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menyusul rencana perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di provinsi tersebut. Bidang pangan dinilai merupakan kebutuhan utama yang menyangkut hajat hidup orang banyak.

Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor mengataka, rencana perpindahan Ibu Kota Nusantara (IKN) ke kawasan ini harus diimbangi dengan peningkatan produksi bahan pangan agar tidak perlu memasok pangan dari luar daerah.

"Pertambahan penduduk yang terus meningkat, ditambah dengan menjelang perpindahan IKN ke Kaltim, harus diimbangi dengan peningkatan produksi pangan di daerah," kata Isran, Jumat (15/7/2022).

Persoalan pangan, katanya, menjadi isu strategis yang akan terus diperjuangkan untuk diselesaikan oleh pemerintah provinsi. Namun ia mengakui bahwa persoalan pangan di daerah memang kompleks.

Menurut Isran Noor, pangan merupakan komoditas yang sangat strategis dan dibutuhkan oleh siapapun manusia sampai kapan pun, bahkan sampai kiamat tetap dibutuhkan.

Saat ini, dia mengakui kebutuhan pangan di Kaltim sebagian besar masih dipasok dari luar daerah, karena produksi pangan Kaltim belum mampu memenuhi seluruh kebutuhan konsumsi masyarakat setempat.

Oleh karena itu, Pemprov Kaltim berupaya mengoptimalkan seluruh sumber daya yang ada untuk meningkatkan produksi pangan, terutama dalam hal pemanfaatan lahan untuk pengembangan komoditas dari pertanian.

"Kaltim sudah dianugerahi tanah dan lahan yang sangat potensial untuk memproduksi pangan. Tinggal bagaimana kita bisa mengelolanya. Mengelola keunggulan lahan dan kawasan untuk ketahanan pangan daerah, bahkan hingga nasional," ujarnya.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: