Kisah Pilu Bocah SD Musdalifah Berbuah Manis, Diusir dari Kelas Kini Dibantu hingga Lulus

Dzulfikar Ash · Senin, 06 Juni 2022 - 17:18:00 WIB
Kisah Pilu Bocah SD Musdalifah Berbuah Manis, Diusir dari Kelas Kini Dibantu hingga Lulus
Wali Kota Samarinda Andi Harun menjadi mediator terkait permasalahan Musdalifah, bocah SD yang diusir sekolahnya. (Foto: iNews/Dzulfikar Ash)

SAMARINDA, iNews.id - Wali Kota Samarinda Andi Harun mendatangi rumah Musdalifah (10) di Jalan Pangeran Bendahara, Gang Pertenunan RT 02 Kelurahan Tenun, Kecamatan Samarinda Seberang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Bocah SD ini diusir dari kelas saat ujian lantaran tak pernah ikut aktivitas belajar gegara punya handphone (HP) untuk sekolah daring.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Samarinda turun tangan menjadi mediator antara kedua belah pihak terkait permasalahan Musdalifah yang diduga diusir pihak sekolah. Permasalahan ini akhirnya dapat diselesaikan kedua pihak dan yang terjadi murni semata-mata hanya kesalahpahaman.

"Saya harus tahu betul titik masalah dari kedua belah pihak. Kalau saya membela salah satu dari kedua belah pihak tentu tidak adil bagi pihak lain. Saya mencari solusinya dan akhirnya semua berjalan lancar. Mereka pun saling memaafkan," ujar Andi Harun, Senin (6/6/2022).

Wali kota menjelaskan, kronologis peristiwa ini bermula dari kebijakan pemerintah meniadakan aktivitas belajar tatap muka sekolah untuk sementara waktu pada tahun 2020. Kemudian belajar diubah menjadi sistem daring.

Setelah masuk sekolah, Musdalifah juga belum hadir. Sekolah ada aturan bagi siswa/siswi yang tidak masuk beberapa hari, maka akan diterapkan penegakan disiplin.

Pihak sekolah sempat mencari tahu keberadaan Musdalifah. Lalu kemudian terputus informasinya, wali kelas tidak mengetahui persis secara utuh keadaan Musdalifah.

Ternyata selama ini, Musdalifah tinggal bersama tantenya. Dia sejak usia dua tahun ditinggalkan ibunya dan ayahnya sedang menghadapi proses hukum serta ditahan 6 tahun penjara.

Tante Musdalifah, Siti Munawaroh punya tiga anak. Dia juga harus menanggung dan memelihara keponakannya Musdalifah dan kakaknya Merlin.

Siti punya tiga anak. Salah satunya Muhammad Zen Abdi sudah tamat SMA, namun keterbatasan biaya sehingga tak bisa melanjutkan pendidikan.

Wali Kota Samarinda Andi Harun pun akan menanggung ketiga anak Siti Munawaroh dan bukan hanya Musdalifah dan Merlin.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: