Kementerian PUPR Sebut IKN sebagai Kota Masa Depan

Antara · Selasa, 26 April 2022 - 15:54:00 WIB
Kementerian PUPR Sebut IKN sebagai Kota Masa Depan
Penanganan jalan menuju IKN Nusantara dari Kabupaten Penajam Paser Utara mulai dilaksanakan. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sebagai kota masa depan. Pasalnya akan dibangun bagi generasi muda masa kini.

"Sehingga diharapkan generasi muda secara inklusif dapat berkontribusi dan berpartisipasi untuk mengakomodasi inovasi pada tiga area yang diprioritaskan pertumbuhannya, dari sektor kesehatan, energi, dan ekonomi," kata Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, KemenPUPR, Selasa (26/4/2022).

IKN diarahkan sebagai katalisator bagi Kalimantan Timur dengan mendorong pembangunan ekonomi masa depan melalui kerja sama segitiga kota yakni Samarinda, Balikpapan, dan IKN.

Samarinda sebagai jantungnya yaitu pusat sejarah Kalimantan Timur dengan sektor energi yang diremajakan. Balikpapan sebagai otot, yakni hilir migas dan logistik Kalimantan Timur. Sementara IKN sebagai pusat syaraf, inti pemerintah dan pusat inovasi hijau.

Adapun visi IKN adalah menjadi kota yang paling berkelanjutan, simbol identitas nasional, dani pendorong ekonomi Indonesia di masa yang akan datang.

IKN juga dirancang sebagai pusat ibu kota dengan membentuk lingkungan yang dibangun dengan sistem kota pintar yang terintegrasi dan hidup selaras dengan alam.

"IKN bukan hanya kota pintar, tapi juga tempat modern yang memenuhi standar infrastruktur kelas dunia," tuturnya.

Editor : Dita Angga Rusiana

Bagikan Artikel: