5 Hukum Nikah Dalam Islam, Lengkap dengan Dalil, Penjelasan dan Keutamaan

Kastolani ยท Rabu, 10 Agustus 2022 - 17:42:00 WIB
5 Hukum Nikah Dalam Islam, Lengkap dengan Dalil, Penjelasan dan Keutamaan
Hukum nikah dalam Islam beserta penjelasannya. (Foto: Garakta Studio)

Berikut 5 hukum nikah dalam Islam beserta penjelasannya lengkap:

1. Wajib

Hukum Nikah dalam Islam bisa menjadi wajib bagi seseorang ketika sudah muncul kuat hasratnya untuk menikah dansulit baginya menghindari zina, serta bagi mereka yang secara finansial sudah berkemampuan.

2. Sunnah 

Nikah bisa menjadi sunnah saja bagi seseorang bila sudah mampu secara finansial maupun fisiknya namun mampu menahan diri dari perbuatan zina.

3. Mubah

Hukum nikah juga bisa menjadi mubah ketika tidak ada hal yang menuntut seseorang untuk menikah dari segi finansial, bilogis dan usia serta terhindar dari kemungkinan terjadinya kezaliman.

4. Makruh

Bagi orang yang tidak memiliki penghasilan sama sekali dan tidak sempurnan kemampuannya untuk berhubungan seksual, hukumnya makruh bila menikah.

5. Haram

Hukum nikah dalam Islam bisa menjadi haram dengan beberapa pertimbangan di antaranya jika seseorang tidak mampu secara finansial dan sangat besar kemungkinannya tidak bisa menafkahi keluarganya kelak, tidak adanya kemampuan seksual juga menjadi faktor diharamkannya pernikahan.

Pernikahan juga bisa menjadi haram jika syarat sah dan kewajiban tidak terpenuhi bahkan dilanggar. Indikasi adanya kekerasan dalam rumah tangga juga bisa menyebabkan pernikahan menjadi haram.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa menikah sangat dianjurkan dan merupakan sunnah Nabi. Meski demikian, hukum nikah dalam Islam ini bisa berubah bergantung pada kondisi seseorang.

Bagi mereka yang sudah mampu baik secara finansial dan lahir batin siap menikah, maka wajib baginya untuk segera menikah. Sebab, ada banyak keutamaan menikah di antaranya mengikuti sunnah nabi, menyalurkan syahwat dan kasih sayang secara sah dan halal, akan ditolong Allah dan dijamin rezekinya, serta dianggap telah menyempurnakan separuh iman.

Wallahu A'lam 

Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNewsKaltim di Google News

Bagikan Artikel: