5 Hukum Nikah Dalam Islam, Lengkap dengan Dalil, Penjelasan dan Keutamaan

Kastolani · Rabu, 10 Agustus 2022 - 17:42:00 WIB
5 Hukum Nikah Dalam Islam, Lengkap dengan Dalil, Penjelasan dan Keutamaan
Hukum nikah dalam Islam beserta penjelasannya. (Foto: Garakta Studio)

JAKARTA, iNews.id - Menikah merupakan sunnah Nabi yang sangat dianjurkan dilaksanakan tiap Muslim. Lantas, apa hukum nikah dalam Islam?

Selain salah satu sunnah Nabi SAW, menikah merupakan fitrah manusia untuk menyalurkan kasih sayang terhadap sesama. Tidak hanya sekadar melampiaskan nafsu bilogis, menikah juga salah satu upaya menjaga keturunan.

Hal penting lainnya dari menikah yakni menjaga diri agar tidak jatuh dari perbuatan yang diharamkan agama seperti terjerumus dalam perbuatan zina, homoseksual dan lain sebagainya.

Karena itu, Muslim yang sudah mampu baik fisik dan ekonomi hendaklah segera menikah. Dalil anjuran menikah ini disebutkan dalam Al Quran, Surat An Nur ayat 32. Allah SWT berfirman:

وَاَنْكِحُوا الْاَيَامٰى مِنْكُمْ وَالصّٰلِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَاِمَاۤىِٕكُمْۗ اِنْ يَّكُوْنُوْا فُقَرَاۤءَ يُغْنِهِمُ اللّٰهُ مِنْ فَضْلِهٖۗ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

"Dan kawinkanlah orang-orang yang sendiri di antara kalian, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahaya kalian yang lelaki dan hamba-hamba sahaya kalian yang perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Mahaluas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui. (QS: An Nur:32)

Mufasir Ibnu Katsir menerangkan, ayat tersebut merupakan perintah untuk kawin. Segolongan ulama berpendapat bahwa setiap orang yang mampu kawin diwajibkan melakukanya. Mereka berpegang kepada makna lahiriah hadis Nabi Saw yang berbunyi:

«يَا مَعْشَرَ الشَّبَابِ مَنِ اسْتَطَاعَ مِنْكُمُ الْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ»

Rasulullah SAW bersabda, "Wahai para pemuda, siapa di antara kalian yang telah mampu, maka hendaklah ia menikah, dan siapa yang belum mampu, maka hendaklah ia berpuasa, karena sesungguhnya puasa itu menjadi benteng baginya.”

Hukum Nikah dalam Islam

Meski nikah merupakan anjuran agama, namun ternyata hukum nikah dalam Islam ini bisa berubah bergantung pada kondisi seseorang. 

Ustaz Firman Arifandi dalam bukunya berjudul "Serial Hadits Nikah 1 Anjuran Menikah dan Mencari Pasangan, hukum nikah pada kondisi tertentu bisa menjadi wajib, sunnah, mubah, makruh, bahkan haram.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: