Hikmah

Apakah Surah Yasin Bisa Mengabulkan Hajat? Gus Baha Ungkap Kekeramatannya

Kastolani · Kamis, 22 September 2022 - 17:44:00 WIB
Apakah Surah Yasin Bisa Mengabulkan Hajat? Gus Baha Ungkap Kekeramatannya
Bacaan Yasin Fadhilah dan keampuhannya untuk hajat agar segera terkabul. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Apakah Surah Yasin bisa mengabulkan hajat? Mungkin banyak kalangan Muslim yang penasaran dengan keutamaan Yasin untuk hajat. 

Surat Yasin merupakan surat ke-38 dalam Alquran. Surat berjumlah 83 ayat itu masuk dalam surat Makiyah atau yang diturunkan di Makkah. Arti surat itu hanya Allah yang tahu, namun sebagian ulama tafsir menakwil arti surat itu dengan nama Nabi Muhammad.

Membaca Surat Yasin dianjurkan setiap malam. Keutamaan membaca Surat Yasin tiap malam dengan mengharap ridho Allah seperti disebutkan dalam beberapa hadits akan diampuni dosa-dosanya. 

Jika tidak sempat bisa dilakukan tiap malam Jumat. Menurut para ulama hadis membaca Surat Yasin di malam Jumat memiliki banyak keutamaan.

Hal Ini berdasarkan hadis Nabi SAW:

 وروي عنه رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم من قرأ سورة يس في ليلة الجمعة غفر له  رواه الأصبهاني

“Barangsiapa membaca Yaasiin di hari dan malam Jumat dengan mengharap ridha Allah, diampuni dosanya” (HR Asbahaani). [ At-Targhiib wa at-Tarhiib I/298 ].

Apakah Surah Yasin bisa mengabulkan hajat

Ada sebagian ulama yang mengatakan bahwa di antara khasiat Surat Yasin ini ialah tidak sekali-kali ia dibaca dalam suatu urusan yang sulit, melainkan Allah akan memudahkannya. 

Selain dianjurkan dibacakan untuk orang yang sedang menghadapi sakaratul maut dan orang yang sudah meninggal, juga memiliki manfaat atau khasiat memudahkan urusan yang sulit.

Dilansir dari Buku Tradisi Amaliyah Warga NU, dijelaskan manfaat Yasinan atau membaca Surah Yasin seperti disebutkan dalam sejumlah penafsiran mengungkapkan banyak keutamaan-keutamaan dari Surah Yasin.

Rasulullah SAW bersabda: "Bacalah Surah Yasin karena ia mengandung keberkatan". Keberkahan tersebut di antaranya jika ada orang yang mempunyai hajat maka Allah akan mengabulkannya. Jika ada orang yang susah lalu membaca Surah Yasin, insyaallah akan dihilangkan kesedihannya.

Membaca Yasin fadilah untuk hajat bisa diamalkan sebanyak 3x, 7x, dan 41x. Amalan itu merupakan salah satu riyadhah atau metode dalam melakukan amalan spiritual untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui wasilah Al quran yakni Surat Yasin.

Ulama muda NU yang juga mufasir, KH Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha) dalam salah satu pengajiannya membahas keutamaan Surat Yasin menyebutkan bahwa amalan membaca Surat Yasin sebanyak 41x sudah masyhur atau terkenal.

Menurut Gus Baha, membaca Surat Yasin 41 kali keutamannya sangat besar dan keramat sekali.  

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: