Wejangan TGB ke Mahasiswa saat Kuliah Umum di Universitas Borneo: Terus Belajar

Nur Khabibi ยท Selasa, 13 September 2022 - 17:45:00 WIB
Wejangan TGB ke Mahasiswa saat Kuliah Umum di Universitas Borneo: Terus Belajar
Tokoh nasional Indonesia Dr TGB HM Zainul Majdi pose bersama sivitas akademika Universitas Borneo usai memberikan kuliah umum. (Foto: iNews)

Kedua, membangun ekonomi hijau. Memanfaatkan energi terbarukan seperti menggunakan biodiesel atau tenaga surya. Ketiga, memberikan perlindungan hukum, ekonomi, politik, dan sosial kepada masyarakat. Keempat, membantu ekonomi kecil, khususnya UMKM dalam hal digitalisasi produk.

Kelima, pembangunan ibu kota negara (IKN) Nusantara. "Agenda ini butuh peran dari Ananda semua. Anda sohibul bait yang ada pada masa ini. Ananda semua paling penting dan punya peran," katanya.

Kuliah umum yang dimoderatori Dr Nurasikin juga menghadirkan Wakil Rektor III UBT Dr Ir M Jaya Bakri ST MT.

Jaya Bakri mengatakan civitas akademika berupaya menjadikan UBT kampus terbaik di bumi Kalimantan. Saat ini jumlah mahasiswa di kampus ini mencapai sebanyak 10.000 orang.

"Dibanding kampus negeri lain mungkin jumlah mahasiswa kami dianggap tak banyak. Namun, bila menghitung jumlah penduduk di Kaltara yang hanya 750.000 jiwa, jumlah ini cukup banyak," katanya.

Mahasiswa di kampus ini, sambungnya, sekitar 85 persen diisi oleh anak muda dari Kalimantan, khususnya Kaltara. Sebagai provinsi penyangga IKN Nusantara, peran kampus cukup penting untuk menyiapkan SDM yang unggul.

"Kita ingin SDM dari kampus ini turut mengisi IKN. Kampus ini memiliki tujuh fakultas," ucapnya.

Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNewsKaltim di Google News

Bagikan Artikel: