Tepis Isu Pemotongan Insentif Guru Honorer, Wali Kota Samarinda Sebut Masih Dikaji

Antara ยท Sabtu, 27 Agustus 2022 - 09:55:00 WIB
Tepis Isu Pemotongan Insentif Guru Honorer, Wali Kota Samarinda Sebut Masih Dikaji
Wali Kota Samarinda Andi Harun. (Foto: Dzulfikar Ash)

SAMARINDA, iNews.id - Wali Kota Samarinda, Andi Harun menepis kabar yang menyebut insentif guru honorer akan dipotong dari Rp700.000 menjadi Rp250.000. Menurutnya pengurangan insentif guru honorer itu masih dalam kajian Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda.

"Tidak benar jika pemkot berencana memotong insentif. Namun kami akui saat ini sedang dilakukan pengkajian beberapa hal terkait insentif guru honor, ujar Andi di Samarinda, Sabtu (27/8/2022).

Menurut Andi, salah satu yang menjadi kajian adalah kesesuaian aturan Perwali Nomor 8 Tahun 2022 tentang Pemberian Insentif. Pemkot Samarinda sedang mencari tahu apakah guru yang telah menerima Tunjangan Profesi Guru (TPG) masih berhak mendapat insentif.

Andi mengatakan, Pemkot Samarinda tidak ingin ada guru yang menerima ganda, yakni TPG dan insentif. Sebab, masih banyak guru yang tidak menerima TPG. 

Jika itu yang terjadi, Pemkot Samarinda akan meninjau kembali aturannya. Sebab, Pemkot Samarinda mengutamakan guru yang tidak menerima TPG untuk menerima hak insentif.

"Semua masyarakat harus mendukung penataan kelola keuangan yang baik untuk menghindari adanya temuan," katanya.

Menurutnya, insentif guru honorer di Kota Samarinda yang diberikan saat ini tetap Rp700.000.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: