Sepekan Beroperasi, Isoter Sempaja Kaltim Tangani 53 Pasien Covid-19

Antara ยท Jumat, 25 Februari 2022 - 14:39:00 WIB
Sepekan Beroperasi, Isoter Sempaja Kaltim Tangani 53 Pasien Covid-19
Stadion Madya Sempaja Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) resmi dibuka untuk isolasi terpusat (Isoter) pada Jumat (18/2/2022).(Foto: Antara)

SAMARINDA, iNews.id – Sejak dibuka pada Jumat (18/2/2022), Isolasi Terpusat (Isoter) Sempaja Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) telah menangani puluhan pasien Covid-19. Data terakhir per, Kamis (24/2/2022) pukul 08.000 WITA terdapat 53 pasien yang ditangani.

"Petugas kesehatan melakukan triase (pemilihan pasien). Kalau tidak masuk kategori isoman maka diarahkan ke isoter dan karena kekhawatiran terhadap orang di sekitar juga," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kaltim, Masitah, Kamis (24/2/2022).

Sementara, untuk pasien yang memenuhi kriteria isoman akan tetap didampingi dan diberi obat-obatan.

"Pasien isoman ada 78 yang juga ditangani oleh petugas kesehatan di isoter," tuturnya.

Dia menjelaskan di Isoter Sepaja, terdapat relawan untuk mengakomodir kebutuhan isolasi pasien yang terkonfirmasi Covid-19.

"Pasien yang dirawat di isoter akan diberi obat, makanan dan fasilitas kamar secara gratis oleh pemerintah," terangnya.

Lanjut Masitah, kegiatan yang dilakukan oleh pasien isoter antara lain berjemur, olahraga mandiri, anjuran latihan pernafasan serta pemeriksaan medis.

Masitah juga menambahkan, umumnya pasien terkonfirmasi Covid-19 bergejala ringan sehingga keterisian rumah sakit tetap terjaga.

Editor : Dita Angga Rusiana

Bagikan Artikel: