Misteri Tangkalaluk, Ular Raksasa Penunggu Hutan Kalimantan Paling Ditakuti Masyarakat Dayak

Reza Rizki Saputra ยท Rabu, 24 Agustus 2022 - 13:34:00 WIB
Misteri Tangkalaluk, Ular Raksasa Penunggu Hutan Kalimantan Paling Ditakuti Masyarakat Dayak
Ilustrasi Ular Raksasa Penunggu Hutan Kalimantan yang Sangat Ditakuti Masyarakat Dayak (Foto: Pixabay)

JAKARTA, iNews.id - Misteri Tangkalaluk, Ular Raksasa Penunggu Hutan Kalimantan paling ditakuti masyarakat Dayak ini menarik perhatian ilmuwan Anthro Zoologi. Konon disebutkan ular ini berukuran besar dan sangat ditakuti oleh masyarakat setempat.

Pulau Kalimantan merupakan salah satu pulau terbesar yang ada di Indonesia. Pulau Kalimantan dipercaya para ilmuwan dunia merupakan tempat tinggal dari mahluk-mahluk berukuran besar.

Kawasan yang kaya akan flora dan fauna serta hutannya yang lebat menempatkan Pulau Kalimantan sebagai salah satu tujuan penelitian. Dari berbagai macam hewan-hewan endemik yang ada di Pulau Kalimantan, terdapat sosok ular besar yang diyakini masyarakat Suku Dayak masih ada di sana. 

Masyarakat Dayak menyebutnya ular Tangkalaluk, yang diyakini memiliki ukuran yang sangat besar dan langka. Ular Tangkalaluk lebih dikenal dengan sebutan Raja Piton atau memiliki nama latin Reticulated Python.

Tangkalaluk menjadi legenda yang diyakini oleh suku Dayak serta masyarakat sekitarnya. Keberadaannya dianggap misterius sebagai makhluk astral yang memiliki wujud sangat besar. Ular jenis ini juga diyakini sebagai raja rimba hutan belantara Kalimantan.

Editor : Nani Suherni

Bagikan Artikel: