Kunjungi Pedalaman Kukar, Sandiaga Uno: Desa Pela Akan jadi Destinasi Kelas Dunia

Dzulfikar Ash ยท Senin, 25 Juli 2022 - 21:42:00 WIB
Kunjungi Pedalaman Kukar, Sandiaga Uno: Desa Pela Akan jadi Destinasi Kelas Dunia
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Desa Pela di pedalaman Kutai Kartanegara, Kaltim, Senin (25/7/2022). (Foto: iNews TV/Dzulfikar Ash)

KUKAR, iNews.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Desa Pela kawasan pedalaman di Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur, Senin (25/7/2022). Kedatangan Sandi ke Desa Pela dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 mendapat sambutan hangat masyarakat.

Desa tersebut terletak di Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. 

Sandiaga tiba di Dermaga Kota Bangun langsung disambut oleh Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi dan Bupati Kukar Edi Damansyah.

Sandi mengungkapkan, perasaan takjubnya selama dua jam menempuh perjalanan dari Tenggarong ke Desa Pela. Menurut Sandi, ini adalah pariwisata berbasis komunitas.

”Fokusnya adalah aspek pelestarian lingkungan, konservasi, pelestarian, dan membangun sumber daya manusia. Harapan kami, setiap aspek pariwisata ini bisa mempersiapkan lingkungan dan bisa diharapkan membangkitkan pendapatan ekonomi masyarakat dan membuka lapangan kerja," kata Sandi.

Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berkeyakinan, Desa Wisata Pela akan menjadi destinasi kelas dunia. 

Saya mengajak semua dan wisatawan dari seluruh dunia untuk berkunjung ke Sungai Mahakam, dan terutama Desa Wisata Pela. Kita bisa melihat pelestarian Pesut Mahakam. Itu merupakan spesies berbahaya. Dan itu memberikan kontribusi di desa wisata ini. Ini merupakan eco tourisme. Kita bisa melestarikan lingkungan kita untuk tahun-tahun mendatang," ujar Sandi.

Terkait perhatian pemerintah pusat dalam pembangunan infrastruktur di Kalimantan Timur, Sandi mengaku telah berkoordinasi dengan Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR). 

”Pak Menteri PU juga memiliki tugas dari Pak Presiden. Untuk membangun interkoneksi infrastruktur yang akan menopang IKN kita. Jadi bukan hanya di IKN, tapi juga di wilayah sekitar IKN ini semua juga harus memiliki interkoneksi yang bagus sehingga masyarakat ekonominya semakin sejahtera," beber Sandi. 

Bupati Kukar Edi Damansyah mengungkapkan, Desa Pela ini salah satu percontohan bagaimana basis masyarakat dan pemerintahan desa mengelola potensi yang ada.

”Kami, pemerintah kabupaten hanya memberikan fasilitasi. Dukungan, bimbingan, arahan. Sehingga ini murni muncul dari keinginan masyarakat yang melalui kepala desa dan para pemuda yang terhimpun di dalam Pokdarwis yang ada di Desa Pela,” kata Edi.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: