KLHK Tangkap Penambang Ilegal di Sekitar Lokasi IKN

Dzulfikar Ash ยท Sabtu, 12 Februari 2022 - 10:16:00 WIB
KLHK Tangkap Penambang Ilegal di Sekitar Lokasi IKN
Ilustrasi (Foto: Antara/Muhammad Fauzi Fadilah)

KUTAI KARTANEGARA, iNews.id - Tim Ditjen Penegakkan Hukum (Gakkum) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menangkap penambang ilegal di Greenbelt Waduk Samboja, Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Soeharto, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kertanegara, Provinsi Kalimantan Timur. KLHK menggerebek kegiatan penambangan batubara ilegal di sekitar lokasi IBu Kota Negara (IKN) Nusantara tersebut pada Jumat (4/2/2022) pukul 14.00 WITA.

Tim berhasil mengamankan tujuh pelaku inisial BH (40 th), NS (40 th), AM (29 th), SP (43 th), NF (25 th), HY (46 th), HE (28 th). Selain itu diamankan barang bukti yakni tiga unit Excavator merk Komatsu PC 200 warna kuning dengan kode EX2521, EXCA-067 dan EXCA-068 serta satu unit Buldozzer merk Komatsu D85SS warna kuning.

Dari hasil pemeriksaan, Penyidik Balai Gakkum KLHK Wilayah Kalimantan telah menetapkan BH (40 th), NS (40 th), AM (29 th) dan SP (43 th) orang sebagai tersangka. Saat ini para tersangka ditahan dan dititipkan di Rumah Tahanan Polres Tenggarong dan terancam hukuman penjara maksimum 15 tahun dan denda Rp10 miliar.

“Operasi tangkap tangan ini berawal dari laporan masyarakat kepada Balai Gakkum KLHK Wilayah Kalimantan mengenai adanya aktivitas tambang ilegal di wilayah IKN Tahura Bukit Soeharto dan ditindaklanjuti dengan Operasi Penegakan Hukum LHK,” kata Direktur Pencegahan dan Pengamanan Hutan, Sustyo Iriyono.

Sustyo Iriyono mengatakan penyidik masih melakukan pengembangan untuk mengungkap keterlibatan pihak-pihak lain.

“Kami harapkan pelaku apalagi pemodal dihukum seberat-beratnya, agar ada efek jera”, tegas Sustyo.

“Kami mengapresiasi dukungan pihak kepolisian, kejaksaan dan masyarakat, dalam penindakan kasus tambang ilegal seperti ini”, lanjutnya.

Editor : Dita Angga Rusiana

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: