Fakta Unik Labuan Cermin, Panorama Air Danau Bening seperti Kaca

Reza Rizki Saputra ยท Kamis, 28 Juli 2022 - 14:51:00 WIB
Fakta Unik Labuan Cermin, Panorama Air Danau Bening seperti Kaca
Fakta unik Labuan Cermin, danau cantik di Berau, Kalimantan Timur yang perlu diketahui. (Foto: Kaltimprov.go.id).

JAKARTA, iNews.id - Fakta unik Labuan Cermin, danau cantik di Berau, Kalimantan Timur yang perlu diketahui sebelum berkunjung ke tempat ini. Keunikan tempat wisata tersebut merupakan salah satu kekayaan yang dimiliki Indonesia.

Tak hanya adat dan budaya, namun juga berbagai macam tempat wisata yang tersebar hampir dari sabang sampai merauke. Kalimantan, salah satu pulau yang dilalui oleh garis khatulistiwa ini juga memiliki tempat wisata yang indah dan ajaib bernama Labuan Cermin. 

Berikut ini fakta unik Labuan Cermin, wisata terkenal di Kalimantan Timur : 

Lokasi Tempat Wisata

Danau Labuan Cermin berlokasi di Desa Labuan Kelambu di Kecamatan Biduk-Biduk Kalimantan Timur yang dapat ditempuh dengan perjalanan darat selama 6-7 jam dari Ibu Kota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb, Kalimantan Timur.

Untuk mencapai Danau Labuan Cermin, pengunjung harus menyewa kapal dari dermaga dengan harga sewa kapal Rp200.000 untuk perjalanan pulang dan pergi. Jauh lebih hemat jika berkunjung ke wilayah ini secara rombongan. 

Sesampainya di sana dipastikan para pengunjung akan dibuat terpesona oleh kecantikan danau ini. Danau Labuan Cermin memiliki air yang sangat jernih, bahkan dasar dari danau yang berupa pasir laut dapat terlihat dengan jelas.

Panorama Air Danau Bening seperti Kaca

Mengapa danau ini dinamakan Labuan Cermin? Jawabannya, karena Labuan Cermin memiliki lapisan yang membuat pantulan cahaya matahari. Fenomena tersebut terjadi karena Danau Labuan Cermin memiliki permuakaan air danau yang terasa asin jika dijilat.

Sementara air di dasar danau akan terasa tawar. Dua jenis air inilah yang membuat danau memiliki lapisan pemisah sehingga cahaya dapat memantul. 

Fakta unik Labuan Cermin, danau cantik di Berau, Kalimantan Timur yang perlu diketahui. (Foto: beraukab.go.id).
Fakta unik Labuan Cermin, danau cantik di Berau, Kalimantan Timur yang perlu diketahui. (Foto: beraukab.go.id).

Tak jarang juga orang menyebut danau Labuan Cermin ini dengan panggilan Danau Dua Rasa. Meski terlihat dangkal, pengunjung harus tetap waspada karena kedalaman danau ini mencapai 4-5 meter.

Selain itu suguhan pemandangan yang ada di Danau Labuan Cermin sangat menenangkan. Dikelilingi pepohonan yang rimbun menambah suasana menjadi lebih teduh serta sangat tepat dijadikan tujuan wisata untuk menenangkan sejenak dari keramaian.

Bupati setempat memang mengembangkan Labuan Cermin sebagai destinasi wisata. Diawali dengan menetapkan kawasan ini sebagai kawasan konservasi atau kawasan lindung, setelah itu akan dibangun sarana penunjang yang akan memudahkan pengunjung menikmati keindahan danau sejuk yang memiliki dua rasa ini.

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: