9 Jenis Tanaman Hias Beracun, Nomor 8 dapat Sebabkan Halusinasi hingga Muntah

Azizah Refifa Aqsha ยท Jumat, 28 Oktober 2022 - 15:24:00 WIB
9 Jenis Tanaman Hias Beracun, Nomor 8 dapat Sebabkan  Halusinasi hingga Muntah
Ada beberapa jenis tanaman hias beracun yang berbahaya bagi manusia. (Foto: Istimewa).

BALIKPAPAN, iNews.id - Ada beberapa jenis tanaman hias beracun yang berbahaya bagi manusia. Belakangan ini hobi mengoleksi tanaman hias menjadi tren di masyarakat, terutama di kalangan para ibu. 

Aneka bentuk dan jenis tanaman hias ini biasanya ditanam di halaman rumah dan sebagian juga disimpan di taman indoor. 

Penghobi tanaman hias perlu untuk mengetahui ada sejumlah tanaman hias yang beracun. Pengetahuan ini penting agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. 

Terutama untuk para ibu yang memiliki anak di rumah karena anak kecil biasanya senang memasukkan sesuatu ke dalam mulut. Tanaman hias beracun ini dapat menimbulkan berbagai dampak terhadap manusia, seperti menyebabkan gatal-gatal, pusing hingga muntah. 

Mari simak Jenis tanaman hias beracun:

1. Bunga Lili

Terkenal dengan keindahannya karena memiliki jenis dan warnanya yang indah. Siapa sangka di balik keindahannya ternyata bunga lily termasuk tanaman hias beracun. 

Namun, hanya beberapa jenis lili yang beracun, seperti, easter lily, calla lily, tiger lily, peace lily, day lily dan Asian lily.

Setiap jenis dari bunga ini menimbulkan dampak berbeda jika tertelan, seperti sakit kepala, sakit perut, muntah, pandangan kabur hingga iritasi pada kulit.

2. Arrowhead Plant

Selain digunakan untuk menghias rumah, tanaman yang memiliki bentuk seperti hati ini seringkali dijadikan hadiah untuk seseorang karena bentuknya yang indah dan unik. Namun, tanaman ini termasuk dalam tanaman hias beracun yang berbahaya jika tidak sengaja tertelan. 

Beberapa dampak yang ditimbulkannya yakni, sakit perut, iritasi kulit hingga muntah-muntah.

3. Kuping Gajah

Sering digunakan sebagai pajangan di dalam ruangan. Bentuknya yang unik dan memiliki daun berwarna hijau dan corak garis berwarna sehingga digemari banyak pecinta hias. Namun, tanaman hias ini termasuk tanaman hias beracun.

Saat menyentuh daunnya perlu berhati-hati karena dengan menggosokkan daun kuping gajah ke tangan dapat menyebabkan gatal hingga sensasi terbakar pada kulit. 

Bahkan, tanaman ini dapat menyebabkan gangguan pernapasan, karena jika tidak sengaja tertelan dapat memicu pembengkakan pada lidah dan mulut sehingga menutup jalur masuk udara.

4. Tanaman Dolar

Tanaman dolar sering ditemukan di sudut ruangan atau di atas meja kerja. Namun, siapa sangka seluruh bagian dari bunga ini mengandung racun.

Studi terbaru menyebutkan, seluruh bagian dari tanaman ini mengandung senyawa oksalat. Senyawa ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan menimbulkan rasa gatal-gatal.

Jika tidak sengaja menyentuh tanaman ini, segeralah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir hingga benar-benar bersih. Selalu gunakan sarung tangan ketika ingin memegang tanaman ini saat merawatnya.

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsKaltim di Google News

Bagikan Artikel: