3 Kru Kapal Asing yang Merapat di Balikpapan Positif Omicron

Antara ยท Sabtu, 05 Februari 2022 - 07:10:00 WIB
3 Kru Kapal Asing yang Merapat di Balikpapan Positif Omicron
Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Balikpapan melakukan pemeriksaan di atas kapal asing yang terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron. (Foto: KKP Balikpapan).

BALIKPAPAN, iNews.id - Tiga kru Kapal MV Ocean Treasure yang berbendera Hongkong positif terjangkit Covid-19. Kapal pengangkut batu bara itu sedang merapat di Perairan Adang Bay, Kalimantan Timur.

Kepala Kantor Kesehatan (KKP) Balikpapan, Zainul Mukhorobin mengatakan, sampel ketiga kru kapal yang positif Covid-19 itu dikirim ke Puslitbangkes Jakarta. Hasil pemeriksaan whole genome sequence (WGS) mengonfirmasi positif terpapar Omicron.

"Hasil WGS sudah keluar. Ada yang Omicron dan Delta, totalnya tiga orang," ujar Zainul di Balikpapan, Jumat (4/2/2022).

Tak mau kecolongan, KKP Balikpapan langsung mengarantina seluruh kru Kapal MV Ocean Treasure yang berjumlah 22 orang itu di Teluk Adang Bay. 

Menurut Zainul, KKP Balikpapan telah memperketat pemeriksaan kapal asing yang tiba di perairan Kalimantan Timur. Salah satunya adalah dokumen kesehatan.

"Semua kapal masuk dari luar negeri harus dilakukan pemeriksaan di atas laut sesuai Undang-Undang Karantina," tuturnya.

Kemudian kapal yang dalam status karantina diwajibkan mengibarkan bendera kuning, dan semua kru harus menjalani tes PCR.

Zainul mengatakan, kasus Covid-19 dari kru kapal yang masuk perairan Balikpapan bukan baru kali ini saja. Pada Januari lalu, 11 kru Kapal Sagar Moti juga terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron.

"Namun seluruh kru sudah dinyatakan negatif pada 29 Januari 2022," katanya.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: