Validasi adalah Pengesahan atau Pengujian Kebenaran Atas Sesuatu, Ini Jenis dan Manfaatnya

Faqihah Husnul Khatimah · Senin, 28 November 2022 - 15:48:00 WIB
Validasi adalah Pengesahan atau Pengujian Kebenaran Atas Sesuatu, Ini Jenis dan Manfaatnya
Validasi adalah pengesahan atau pengujian kebenaran atas sesuatu. (Foto: Ilustrasi/Pixabay)

JAKARTA, iNews.idValidasi adalah bentuk pengujian atau konfirmasi terhadap sesuatu. Biasanya validasi dilakukan dalam penelitian.

Beberapa sumber menjabarkan pengertian validasi dalam berbagai bidang penelitian, seperti kesehatan dan pendidikan. Jenis dan metode validasi pun disesuaikan dengan sesuatu yang akan diteliti. Biasanya lebih dari satu metode yang dilakukan untuk menguji.

Validasi wajib dilakukan oleh peneliti untuk membuktikan suatu kebenaran. Hal ini menjadi tanggung jawab peneliti terhadap apa yang diteliti agar tidak memberikan hasil yang salah kepada publik.

Lalu, apa itu validasi Ada berapa jenis validasi dalam penelitian? Untuk apa melakukan validasi? 

Validasi Adalah

Kamus Besar Bahasa Indonesia mengartikan validasi adalah pengesahan atau pengujian kebenaran atas sesuatu.

Riyanto dalam buku Validasi & Verifikasi Metode Uji (2016) menjelaskan validasi adalah konfirmasi melalui bukti-bukti pemeriksaan dan telah sesuai dengan tujuan pengujian.

Buku Bs Database Dgn Delphi 7 oleh M. Agus J. Alam menyatakan validasi adalah proses pemeriksaan untuk mengetahui suatu data valid (sah) atau tidak.

Sementara dalam buku Teknologi Sediaan Farmasi (2015), validasi adalah suatu tindakan pembuktian dengan cara yang sesuai bahwa tiap bahan, proses, prosedur, kegiatan, sistem, perlengkapan atau mekanisme yang digunakan dalam produksi dan pengawasan akan senantiasa mencapai hasil yang diinginkan.

Editor : Candra Setia Budi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsKaltim di Google News

Bagikan Artikel: