7 Pulau Terpencil di Indonesia, Nomor 4 Butuh Skill Bertahan Hidup

Faqihah Husnul Khatimah ยท Senin, 19 September 2022 - 18:25:00 WIB
7 Pulau Terpencil di Indonesia, Nomor 4 Butuh Skill Bertahan Hidup
ilustrasi pulau yang ada di Indonesia. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.idPulau terpencil di Indonesia ini menyimpan keindahan yang memukau. Beberapa pulau berikut ini bahkan ada yang tidak berpenghuni sehingga cocok untuk menjauhkan diri dari keramaian.

Indonesia memiliki banyak pulau yang tersebar luas. Tak hanya pulau-pulau besar yang menawarkan daya tarik, tetapi pulau terpencil pun tidak kalah menarik. 

Pulau-pulau ini banyak yang belum diketahui orang sehingga minim wisatawan. Namun, ada beberapa pulau yang memang membatasi wisatawan untuk berkunjung.

Pulau-pulau terpencil berikut ini bahkan menjadi menantang siapapun yang berkunjung untuk bertahan hidup. Mereka diuji dengan minimnya fasilitas di pulau tersebut. Namun, bila ingin merasakan pengalaman ini, kamu harus membayar sejumlah uang untuk menginap per malamnya.
 
Berikut deretan Pulau Terpencil di Indonesia

1. Pulau Manimbora

Siapa yang suka  karakter kartun Spongebob? Ternyata di Berau, Provinsi Kalimantan Timur, ada pulau kecil yang mirip dengan pulau di kartun Spongebob SquarePants. 

Pulau Manimbora atau dijuluki Spongebob Island adalah pulau kecil dengan pasir putih menawan dan pohon tinggi menjulang di Kepulauan Derawan. 

Saking kecilnya, kita bisa melihat keseluruhan pulau ini dari kapal. Pulau Manimbora dijadikan tempat jenazah dikubur oleh Suku Bajau. Oleh karena itu, sering ditemukan tulang belulang manusia di pulau ini.

2. Pulau Bawah

Berada di Desa Kiabu, Kecamatan Siantan Selatan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau. Pulau ini terpencil sehingga tidak banyak orang yang tahu. 

Namun, Pulau Bawah menyimpan destinasi wisata bahari yang menakjubkan. 

Pulau Bawah berbentuk bukit dengan pantai pasir putih. Lautnya biru jernih dan hutannya lebat. 

Pulau Bawah bersama keempat pulau lainnya, yaitu Sanggah, Murbah, Lidi, dan Elang membentuk Laguna Pulau Bawah. Pulau ini tidak berpenghuni, tetapi dapat dikunjungi 70 orang wisatawan per kunjungan.

3. Pulau Tando

Pulau terpencil di Indonesia selanjutnya adalah Pulau Tando. Pulau Tando berada dalam wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB). Letaknya yang terpencil membuat pulau ini sangat cocok untuk healing dan menjauhkan diri dari keramaian.

Pantai pasir putih di Pulau Tando merupakan salah satu yang terbaik. Kamu bisa bermalam minimal 3 hari di pulau terpencil ini. Jangan khawatir, Pulau Tando memiliki bungalow yang lengkap dengan kamar mandi.

4. Pulau Amparo

Ingin merasakan pengalaman bertahan hidup di pulau tak berpenghuni? Pulau Amparo yang berlokasi di lepas pantai barat Sumatera menawarkan isolasi tinggi dari dunia luar. 

Jarak pulau ini ke pantai terdekat sekitar 20 Km. 

Mahasiswi Jepang Reikko Hori pernah menjadi pemberitaan karena mencoba hidup sendiri selama 19 hari di pulau Amparo. 

Reikko mampu bertahan hidup di pulau ini dengan membuat api menggunakan kaca pembesar, menangkap ikan, memecahkan kelapa dengan batu, dan memakan biawak. Beranikah kamu mengunjunginya?

5. Pulau Siroktabe

Pulau terpencil di Indonesia ini masuk dalam wilayah Kepulauan Nias, Sumatera Utara. Pulau Siroktabe tidak berpenghuni dan tidak berfasilitas. Cocok untuk kamu yang ingin menjauh dari peradaban dan menyatu dengan alam. 

Pulau Siroktabe terdiri dari hutan dan hamparan laut yang indah. Meski hutan lebat, tidak ada binatang buas yang tinggal di sana. Sama seperti Pulau Amparo, kamu harus merasakan tantangan bertahan hidup.

6. Pulau Asu

Jangan emosi dulu, nama pulau ini bukan berarti umpatan dalam bahasa Jawa. Melainkan nama sebuah pulau terpencil yang terletak di Kepulauan Nias, Sumatera Utara dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. 

Pulau Asu termasuk pulau terluar di Kepulauan Nias. 

Pulau Asu memanjakan wisatawan dengan laut jernih dan hamparan pasir putih. 

Kegiatan yang bisa dilakukan di pulau ini adalah snorkeling dan diving. Keindahan bawah lautnya dapat membuatmu terpukau.

7. Pulau Salangki

Terletak di Berau, Kalimantan Timur dan termasuk dalam Kepulauan Derawan. Pulau Salangki berpasir pantai putih berkilau. Keindahan lautnya berupa terumbu karang dan berbagai macam hewan air, seperti penyu dan ikan pari manta. 

Pulau cantik nan eksotis ini menjadi tempat yang nyaman bagi penyu hijau dan penyu sisik untuk bertelur. 

Hewan tropis langka, yaitu ikan pari manta juga seringkali mengunjungi Pulau Salangki. Ikan pari manta unik karena menggunakan kumisnya sebagai sayap. 

Pada malam hari, lebih dari 10 ekor ikan pari manta menghampiri pulau ini untuk mencari makan.

Nah, itu dia deretan pulau terpencil di Indonesia. Manakah yang ingin kamu kunjungi?

Editor : Candra Setia Budi

Bagikan Artikel: