Profil Isran Noor Gubernur Kalimantan Timur, Seorang Putra Kutai Bugis

Tri Erysandi ยท Senin, 12 September 2022 - 11:54:00 WIB
Profil Isran Noor Gubernur Kalimantan Timur, Seorang Putra Kutai Bugis
Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor

JAKARTA, iNews.id - Profil Isran Noor Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) yang merupakan putra Kutai Bugis. Isran lahir di Sangkulirang, Kutai Timur pada 20 September 1957, ia mulai menjabat sebagai Gubernur Kaltim sejak 1 Oktober 2018. 

Pria berdarah Kutai Bugis ini memulai pendidikan di tanah kelahirannya di SDN 1 Sangkulirang. Kemudian melanjutkan pendidikan di SMP YPS Sangkulirang.

Setelah lulus dari SMA Negeri 1 Samarinda pada tahun 1976, Isran Noor melanjutkan pendidik di Universitas Mulawarman. Isran merupakan seorang mahasiswa yang aktif berorganisasi hingga menjadi ketua BEM Fakultas Pertanian dan berhasil menyelesaikan pendidikan strata satu pada 1980.

Isran Noor kemudian melanjutkan ke jenjang S2 di Universitas Dr Soetomo pada 2001. Tidak berhenti disitu , pada tahun 2012 ia berhasil meraih gelar doktor dari Universitas Padjadjaran.

Karir Isran Noor 

Ayah tiga orang anak ini memulai karir sebagai Wakil Bupati Kutai Timur bersama Awang Faroek Ishak setelah memenangkan Pilkada Kutai Timur pada Desember 2005 dan dilantik sebagai pasangan terpilih Bupati dan Wakil Bupati Kutai Timur pada 13 Februari 2006.

Setelah itu, Isran Noor menjabat sebagai Bupati Kutai Timur periode 2009 – 2015 menggantikan Awang Faroek Ishak yang terpilih sebagai Gubernur Kalimantan Timur periode 2008 – 2013. Kemudian Isran dipercaya kembali untuk memimpin Kutai Timur, 

Isran Noor resmi menjabat sebagai bupati pada 30 Maret 2015.

Kemudian pada  23 Juni 2015 Isran Noor juga menjadi Plt. Ketua Umum PKPI setelah Sutiyoso mengundurkan diri perihal pencalonannya sebagai Kepala Badan Intelijen Negara.

Pada tahun 2018, Isran Noor maju sebagai calon Gubernur Kaltim dengan menggandeng Hadi Mulyadi sebagai wakilnya, pasangan ini memenangkan Pilkada Kaltim dengan meraih suara terbanyak. Kemudian dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim di Istana Negara, Jakarta pada 1 Oktober 2018. 

Penghargaan 

Selama menjabat sebagai Gubernur Kaltim, Isran juga menerima berbagai penghargaan, di antaranya Top Pembina BUMD 2019 dari majalah Top Business, Indonesia Government Procurement Award tahun 2020, penghargaan dari Yayasan Candra Sengkala Sunda berupa ikat kepala dan kujang berkat pemikiran dan perjuangan dalam memperkuat NKRI tahun 2012.

Bukan itu saja, Provinsi Kalimantan Timur juga mendapat beberapa penghargaan saat dipimpin Isran Noor, di antaranya Plakat Abdi Bakti Tani sebagai Unit Kerja Pelayanan Berprestasi Utama pada tahun 2019.

Kemudian Provinsi Terbaik dalam keberhasilan Graduasi Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan tahun 2019, Wahana Tata Negara (WTN) dari Kementerian Perhubungan tahun 2019, dan Pemprov Kaltim mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI. 

Itulah Profil Isran Noor, Putra Kutai Bugis yang memimpin Provinsi Kaltim dan mendapat banyak penghargaan dan apresiasi.

Editor : Candra Setia Budi

Follow Berita iNewsKaltim di Google News

Bagikan Artikel: