PPSDM Geominerba Kembali Jalin Kerja Sama dengan PT Berau Coal

Rizqa Leony Putri ยท Jumat, 02 Desember 2022 - 16:54:00 WIB
PPSDM Geominerba Kembali Jalin Kerja Sama dengan PT Berau Coal
PPSDM Geominerba bersama dengan PT Berau Coal menyelenggarakan diklat bagi Pengawas Operasional Pertama di Hotel Bumi Segah, Berau, Senin (28/11/2022). (Foto: dok PPSDM)

BERAU, iNews.idPPSDM Geominerba kembali bekerja sama dengan PT Berau Coal dalam memenuhi kompetensi Pengawas Operasional Pertama. Penyelenggaraan diklat ini dilakukan untuk kali kedua dan berlokasi di Hotel Bumi Segah, Berau, Kalimantan Timur pada Senin (28/11/2022), 

HSE Certification and Training Manager PT Berau Coal Ongky Elisman meresmikan pembukaan diklat ini didampingi oleh Widyaiswara PPSDM Geominerba Arif Budiyono dan Rusnoviandi Lubis, 

Tercatat 27 orang karyawan dari PT Berau Coal dan mitra kerjanya menjadi peserta diklat. Mereka akan mengikuti diklat selama enam hari (28 November-3 Desember 2022) yang terdiri dari pembekalan materi, serta uji kompetensi lisan dan tulisan.

Dalam sambutannya, Ongky meyampaikan alasannya menyelenggarakan diklat bagi Pengawas Operasional Pertama ini secara langsung. "Karena pengawas itu paling penting, dia harus aware akan bahaya yang terjadi pada dirinya dan memastikan orang-orang di bawahnya selamat," tuturnya.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan selain mengikuti arahan Peraturan Menteri ESDM Nomor 26 Tahun 2018, PT Berau Coal juga ingin agar tenaga teknisnya berkompeten. Para professional ini diharapkan mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pengawas operasional pertama.

Kompetensi yang harus dikuasai oleh pengawas operasional pertama tersebut diantaranya harus memperhatikan kaidah teknik pertambangan yang baik (good mining practice) saat melakukan inspeksi, identifikasi Potensi Bahaya dan resiko, dan investigasi. 

Di akhir sambutan Ongky berpesan kepada seluruh peserta agar selalu mengingat tagline PT Berau Coal Siaga saling menjaga, memastikan diri aman, lingkungan kita aman, dan yang kita lakukan tidak membahayakan orang lain.

Editor : Rizqa Leony Putri

Follow Berita iNewsKaltim di Google News

Bagikan Artikel: