Pemprov Kaltim Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah MTQ Nasional 2026

Antara ยท Rabu, 16 Februari 2022 - 08:34:00 WIB
Pemprov Kaltim Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah MTQ Nasional 2026
Acara MTQ Nasional yang digelar di Sumatera Barat (Sumbar) (Foto: Dok Pemprov Sumbar)

SAMARINDA, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) mengajukan diri menjadi tuan rumah penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nasional pada tahun 2026. Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi meminta usulan tersebut disampaikan Kantor Wilayah Kementerian Agama Kaltim kepada Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas.

"MTQ Nasional di Kaltim terakhir dilaksanakan pada 1976. Artinya, genap 50 tahun apabila dilaksanakan pada 2026. Itu usulan saya kepada Bapak Menteri Agama, mohon disampaikan,"katanya, Selasa (16/2/2022).

Hadi bercerita saat pelaksanaan MTQ 1976, usia Kaltim baru beranjak delapan tahun. Menariknya, karena tidak ada hotel, seluruh kontingen kafilah dipondokan di rumah-rumah warga.

"Alhamdulillah ketika itu, juara umumnya Kaltim. Qori terbaiknya H Ali Yusni. Bahkan, Beliau sudah menjadi qori internasional. Rasa bangga kita terhadap qori Kaltim," ungkapnya.

Untuk MTQ Nasional tahun 2022, dia mengatakan biarlah Kalimantan Selatan sebagai tuan rumah. Kemudian, pada 2024 provinsi lainnya.

"Selanjutnya, ketika 2026 diharapkan Kaltim bisa menjadi tuan rumah MTQ Nasional," tuturnya. 

Editor : Dita Angga Rusiana

Bagikan Artikel: