Kunker Jokowi ke IKN Nusantara Disambut Demo Mahasiswa, Ini Tuntutannya

Dzulfikar Ash ยท Rabu, 22 Juni 2022 - 19:41:00 WIB
Kunker Jokowi ke IKN Nusantara Disambut Demo Mahasiswa, Ini Tuntutannya
Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Borneo Menggugat menggelar demonstrasi menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Samarinda untuk meninjau IKN Nusantara, Rabu (22/6/2022). (Foto: iNews TV/Dzulfikar Ash)

SAMARINDA, iNews.id – Kunjungan kerja (Kunker) Presiden Joko Widodo ke lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur disambut demo mahasiswa, Rabu (22/6/2022). Massa yang mengatasnamakan Aliansi Borneo Menggugat ini melakukan aksinya di depan pintu gerbang kampus Universitas Mulawarman, Jalan Muhammad Yamin, Kota Samarinda.

Dalam aksinya, mahasiswa membentangkan sejumlah spanduk bertuliskan tuntutan di antaranya banyaknya lubang bekas tambang di lokasi IKN, perbaikan jalan hingga pengangkatan guru honorer.

"Tuntutan kami itu merupakan fakta yang belum diselesaikan hingga hari ini," kata Koordinator aksi Aliansi Borneo Menggugat, Ahmad Fikrianto.

Dia mengatakan, lubang bekas tambang setidaknya dihasilkan dari total 25 konsesi perusahaan tambang. Pada perhitungan awal, tahun 2019, tercatat ada 94 lubang tambang di lahan seluas 180.000 hektare. 

Menurut Jaringan Advokasi Tambang (Jatam) Kaltim, ada 149 lubang bekas tambang di kawasan Ibu kota negara (IKN) Nusantara.

"Ketika ada IKN, harusnya lubang bekas tambang ini tuntas, Namun pada 2022 kemudian jumlahnya meningkat 60 persen atau 149 lubang tambang," katanya.

Mahasiswa juga menyoroti perbaikan jalan rusak yang hanya dilakukan ketika ada kunjungan pejabat termasuk di antaranya presiden.

“Perbaikan jalan rusak semestinya jangan menunggu ketika presiden datang,” ucapnya.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: