Kabut Asap, 8 Rute Penerbangan Balikpapan ke Berau dan Tarakan Gagal Berangkat

Mukmin Azis ยท Sabtu, 14 September 2019 - 16:04 WIB
Kabut Asap, 8 Rute Penerbangan Balikpapan ke Berau dan Tarakan Gagal Berangkat
Aktivitas suasana di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (14/9/2019). (Foto: iNews/Mukmin Azis)

BALIKPAPAN, iNews.idKabut asap menyebabkan sejumlah penerbangan dari dan menuju Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur terganggu,sejak Jumat (13/9/2019) hingga Sabtu (14/9/2019). Delapan penerbangan menuju Berau dan Tarakan dibatalkan dan beberapa lainnya delay.

Communication and Legal Section Head at Angkasa Pura I Andanina Megasari mengatakan, sejak kemarin hingga hari ini sudah ada delapan penerbangan yang terpaksa dibatalkan. Data yang dirangkum iNews, dari delapan penerbangan tercatat terdapat 543 penumpang.

“Kalau untuk hari ini masih didata, namun jumlahnya mungkin tak beda jauh dengan yang kemarin sekitar 520 penumpang. Sampai saat ini memang ada beberapa penerbangan yang terganggu dari dan menuju Balikpapan,” ujarnya, Sabtu (14/9/2019).


Kedelapan penerbangan tersebut lima di antaranya menuju Bandara Kalimaru di Tanjung Redeb Berau, dua penerbangan lainnya menuju Bandara Kutai Barat Melalan dan satu lagi penerbangan menuju Bandara Tanjung Harapan di Tanjung Selor, Kalimantan Utara.

"Untuk yang hari ini sudah ada dua cancel flight dari Garuda dan dua dari tavel, jadi jumlahnya ada empat penerbangan. Beberapa lainnya masih delay statusnya belum cancel,” katanya.

Sementara itu, Novi seorang penumpang dari Jakarta yang transit di Balikpapan menuju Berau mengaku masih akan menunggu perkembangan keberangkatan. Mereka dibawa ke customer service airlines masing-masing untuk refund maupun reschedule keberangkatan.

“Jadi kami tunjukkan boarding pass-nya dan uang dikembalikan, namun tidak 100% karena ada potongan airport tax,” katanya.


Editor : Donald Karouw