Contoh Khutbah Jumat Singkat Padat dan Bermakna tentang Mensyukuri Kemerdekaan

Kastolani · Kamis, 11 Agustus 2022 - 21:42:00 WIB
Contoh Khutbah Jumat Singkat Padat dan Bermakna tentang Mensyukuri Kemerdekaan
Contoh khutbah Jumat singkat padat dan bermakna tentang mensyukuri kemerdekaan. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Contoh Khutbah Jumat Singkat Padat dan Bermakna tentang Mensyukuri Kemerdekaan bisa dijadikan referensi bagi khatib menyongsong HUT Kemerdekaan RI.

Diketahui, tak lama lagi bangsa Indonesia akan merayakan Hari Kemerdekaan ke-77 pada 17 Agustus mendatang. Sudah selayaknya sebagai warga negara untuk menyambut Hari Kemerdekaan dengan penuh rasa syukur. 

Kemerdekaan yang diraih tidak mudah karena membutuhkan banyak pengorbanan. Tidak hanya jiwa, namun raga dan harta benda pun dipertaruhkan para pejuang demi Kemerdekaan RI.

Kemerdekaan tersebut juga tidak lepas dari perjuangan besar para ulama dan santri dalam mengusir para penjajah.

Berikut Contoh Khutbah Jumat Singkat Padat dan Bermakna tentang Mensyukuri Kemerdekaan RI dilansir dari jabar.kemenag.go.id.

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَمَرَنَا بِاْلاِعْتِصَامِ بِحَبْلِ اللهِ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لاَ نَبِيَّ بَعْدَهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَ هُدَاهُ. أَمَّا بَعْدُ؛ فَيَا عِبَادَ اللهِ، أُوْصِيْكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَالَ اللهُ تَعَالَى: يَاأَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ.

Hadirin rahimakumullah

Dari sekian banyak nikmat dari Allah Swt yang tak terhitung jumlahnya, salah satu nikmat dan rahmat dari Allah Swt yang diberikan kepada manusia adalah kemerdekaan. Hal ini merupakan nikmat yang tidak bisa diukur dengan harta benda. Banyak orang bersedia mengorbankan apapun demi mendapatkan hak untuk merdeka.

Merupakan fakta sejarah yang tidak dapat dipungkiri bahwa peran dan sumbangan para ulama, peran dan sumbangan para pahlawan serta umat Islam begitu besar dan menentukan dalam perjuangan bangsa Indonesia menentang penjajah dan meraih kemerdekaan.

Betapa kontribusi mereka yang sangat bernilai dimata bangsa ini harus senantiasa dijadikan suatu semangat untuk mengukir prestasi. Saatnya kita menjadikan momentum kemerdekaan ini untuk meneladani perjuangan para ulama’ dan pahlawan negeri ini, meneruskan perjuangan mereka dan membawa kemerdekaan ini menuju kemerdekaan yang totalitas dalam segala arti dan bentuknya.

Berkaitan dengan nikmat kemerdekaan, ada 3 cara untuk mensyukurinya:

1. Dengan hati. Kita mesti yakini bahwa kemerdekaan didapat berkat rahmat dan pertolongan Alloh Swt.

2. Dengan lisan. Syukur jenis ini dengan mengucapkan hamdalah (Alhamdulillah). Syukur ini tidak saja dilakukan pada saat mendapat nikmat kemerdekaan, tapi setiap kali mendapat nikmat dan berkah dalam kehidupan sehari-hari.

3. Dengan anggota badan. Di sini, kita mesti memanfaatkan kemerdekaan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah Swt. Mengisi kemerdekaan dengan melakukan amalan-amalan sholeh yang mendatangkan rahmat Allah Swt.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: