Buntut Cuitan Rasisme, Rektor ITK Budi Santosa Dituntut Mundur Mahasiswa

Mukmin Azis · Selasa, 10 Mei 2022 - 06:25:00 WIB
Buntut Cuitan Rasisme, Rektor ITK Budi Santosa Dituntut Mundur Mahasiswa
Mahasiswa ITK menggelar demonstrasi menuntut Rektor ITK Budi Santosa mundur dari jabatan terkait cuitan rasisme di media sosial, Senin (9/5/2022). (Foto: iNews/Mukmin Azis).

BALIKPAPAN, iNews.id - Cuitan Rektor Institut Teknologi Kalimantan (ITK), Budi Santosa Purwokartiko yang bernada rasisme di media sosial berbuntut panjang. Puluhan mahasiswa ITK menuntut sang rektor mundur.

Puluhan mahasiswa ITK dari berbagai jurusan menggelar demonstrasi pada Senin (9/5/2022) sore di depang Gedung Rektorat ITK. 

Selain berorasi, mereka mengusung berbagai spanduk putih bertuliskan kritik. Di antaranya ada yang menuliskan, "OMONG KOSONG TULISAN PRIBADI! YANG MERASAKAN KAMI!"

"Kami dari KM ITK turun ke jalan untuk menuntut Rektor Profesor Budi Santosa yang hari ini dengan cuitannya menimbulkan banyak sekali efek domino. Dimana perspektif kami hari ini, bahwa mahasiswa ITK merasa tidak nyaman," ujar koordinator aksi, Yustiadi Sampai Mangkulai.

Dia mengatakan, nama baik kampus ITK tercemar oleh cuitan Budi Santosa yang rasis. Karena itu mahasiswa menuntut dia turun dari jabatan.

"Yang pertama menuntut untuk meminta maaf serta klarifikasi secara resmi kepada seluruh mahasiswa, kepada seluruh rakyat Indonesia. Yang kedua kami menuntut kepada Profesor Budi Santosa untuk membuat pernytaan resmi siap mengundurkan diri dalam waktu 7x24 jam," katanya.

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: