BMKG Rilis Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di Kaltim, Warga Diminta Waspada

Antara ยท Senin, 19 September 2022 - 13:14:00 WIB
BMKG Rilis Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di Kaltim, Warga Diminta Waspada
Ilustrasi cuaca ekstrem. (Foto:Ist)

BALIKPAPAN, iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan mengeluarkan rilis peringatan dini terhadap potensi cuaca ekstrem yang terjadi di Kalimantan Timur (Kaltim). BMKG meminta masyarakat waspada terhadap dampaknya seperti banjir di Balikpapan, Samarinda, dan Kabupaten Paser.

"Kami imbau masyarakat waspada terhadap dampak cuaca ekstrem yang dapat memicu bencana hidrometeorologi, seperti genangan air di Kota Samarinda, Kota Balikpapan, dan Kabupaten Paser," kata Prakirawan SAMS Sepinggan BMKG Balikpapan Heni Herlina di Balikpapan, Senin.

Ia menyebut, pada 19-21 September 2022 cuaca ekstrem berpotensi terjadi di sejumlah kawasan di Kaltim. Ha itu disebabkan adanya daerah belokan angin yang disertai pembentukan daerah pertemuan angin (konfluen) di sekitar wilayah provinsi setempat.

Kondisi ini juga didukung dengan masih hangatnya suhu permukaan laut di Selat Makassar, sehingga memiliki peluang dalam pembentukan sejumlah titik awan hujan di wilayah Kaltim, khususnya pada 19 hingga 21 September 2022.

"Kondisi ini menyebabkan cuaca pada tiga hari tersebut berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, bahkan dapat disertai petir dan angin kencang di seluruh wilayah Kota Balikpapan," jelasnya.

Editor : Candra Setia Budi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: