Bacaan Shalawat Nabi Paling Mustajab,Cocok Diamalkan di Bulan Maulid

Tati Rukmanah · Minggu, 02 Oktober 2022 - 18:23:00 WIB
Bacaan Shalawat Nabi Paling Mustajab,Cocok Diamalkan di Bulan Maulid
Bacaan Sholawat Nabi paling mustajab salah satunya sholawat Tibbil Qulub. (Foto: ist)

JAKARTA, iNews.id - Bacaan shalawat Nabi paling mustajab dan keutamaannya cocok diamalkan di Bulan Maulid Nabi SAW. Selain itu, dianjurkan dibaca setiap hari supaya apa yang sedang diinginkan bisa tercapai dan dimudahkan oleh Allah SWT. 

Sholawat merupakan salah satu bacaan umat Muslim untuk memanjatkan doa dan memuji Nabi Muhammad SAW. Membaca sholawat Nabi juga sebagai bentuk ibadah kepada Allah dan terdapat berbagai keistimewaan bagi yang mengamalkannya. 

Bacaan Shalawat Nabi Paling Mustajab dan Keutamaannya

Membaca sholawat Nabi merupakan amalan yang dianjurkan oleh Allah SWT dan memiliki banyak keutamaan. Hal tersebut sebagaimana disebutkan dalam Al-Quran pada Surah Al-Ahzab ayat 56 yang berbunyi 

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al-Ahzab: 56). 

Ada beberapa macam bacaan shalawat nabi paling mustajab. Berikut bacaan shalawat paling mustajab beserta arti dan keutamaannya. 

1. Shalawat Thibbil Qulub

Shalawat Thibbil Qulub adalah salah satu bacaan shalawat paling mustajab yang memiliki arti sebagai obat atau penyembuh hati. Shalawat ini sering disebut sebagai shalawat Nurul Abshar yang memiliki arti yaitu cahaya mata hati. Shalawat Thibbil Qulub mampu menjaga kesehatan tubuh dan menjadi obat dari segala penyakit. 

Keutamaan dalam membaca shalawat ini adalah untuk menentramkan hati. Berikut ini bacaan shalawat Thibbil Qulub. 

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ اْلأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ اْلأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Latin: “Allahumma sholli ‘ala Sayyidina Muhammadin thibbil qulubi wadawa-iha wa ‘afiyatil abdani wa syifa-iha wa nuril abshori wa dhiya-iha wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallim.” 

Artinya: “Ya Allah, curahkanlah rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya dan sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya. Semoga shalawat dan salam tercurahkan pula kepada keluarga serta para sahabat-sahabatnya.” 

2. Shalawat Nabi 

Bacaan sholawat nabi paling mustajab berikutnya yakni shalawat Nabi yang rutin diucapkan dalam shalat.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Latin: “Allahumma sholli ala Sayyidina Muhammad wa ala Ali Sayyidina Muhammad.” 

Artinya: “Ya Allah semoga rahmat senantiasa tercurah pada Nabi Muhammad dan juga pada keluarga Nabi Muhammad.”

Membaca shalawat Nabi memiliki banyak keutamaan, salah satunya bisa menentramkan hati dan menghilangkan rasa sedih. Hal ini tertuang dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Mundah dan Jabir, Rasulullah SAW bersabda, yang artinya: 

“Siapa yang membaca shalawat kepadaku sehari seratus kali, maka Allah akan mengijabahi seratus kali hajatnya; 70 hajatnya di akhirat, dan 30 hajatnya di dunia. Dan hadits Rasulullah yang mengatakan; Perbanyaklah shalawat kepadaku karena dapat memecahkan masalah dan menghilangkan kesedihan.”

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: