5 Wisata Pantai di Kalimantan Timur yang Paling Hits

Ami Heppy S ยท Kamis, 28 April 2022 - 15:27:00 WIB
5 Wisata Pantai di Kalimantan Timur yang Paling Hits
Pantai Derawan (Foto: Instagram @arvinnuman)

JAKARTA, iNews.id -  Wisata pantai di Kalimantan Timur cukup mengagumkan. Keindahan pemandangan laut tersebut bisa membuat kamu betah berlama-lama. 

Berikut ini iNews.id rangkumkan dari berbagai sumber, 5 wisata pantai di Kalimantan yang paling hits.

1. Pantai Derawan

Pantai Derawan berlokasi di Kecamatan Pulau Derawan, Kabupaten Berau. Pantai Derawan ini merupakan salah satu objek wisata paling indah di Kalimantan Timur.

Pemandangan laut Pantai Derawan sangat luar biasa. Di sini terdapat berbagai jenis flora dan fauna laut yang cukup langka.  Pengunjung bahkan bisa berenang bersama ubur-ubur yang tidak beracun atau kura-kura terbesar di dunia.

Selain itu, pemandangannya juga mirip seperti di Maldives. Maka tak heran jika tempat ini dicalonkan sebagai warisan UNESCO. 

2. Pantai Melawai

Pantai Melawai merupakan salah satu objek wisata terkenal di Balikpapan. Daya tarik utama pantai ini pemandangan indah saat matahari terbenam. 

Selain sunset, di sekitar pantai ini pengunjung juga bisa menyaksikan pulau kecil yang bernama Pulau Tukung atau Pulau Babi karena banyak terdapat binatang bulu babi di pulau ini. 

Jika air sedang surut, pulau ini dapat dicapai dengan hanya berjalan kaki karena letaknya yang memang tidak jauh.

3. Pantai Beras Basah

Pantai Beras Basah berada tidak jauh dari pusat Kota Bontang. Untuk sampai ke pantai ini, pengunjung harus menyewa kapal dari dermaga Bontang Kuala. Bisa juga menaiki kapal kelotok khas Kalimantan apabila ingin merasakan sensasi naik perahu tradisional.

Di pantai ini terdapat jembatan membentang hampir ke tengah laut yang biasa dijadikan lokasi selfie para pengunjung.
Airnya yang biru jernih akan membuat beberapa ikan yang ada terlihat jelas dari permukaan air.

4. Pantai Segajah

Pantai Segajah berada di Kota Bontang, Kalimantan Timur. Keunikan pantai ini adalah terdapat sebuah pulau kecil di tengah laut.

Pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata pantai favorit saat berkunjung ke Kalimantan Timur.

Hamparan pasir putihnya membentang panjang dengan tekstur pasir yang lembut. Air lautnya juga sangat jernih sehingga memungkinkan untuk melihat ikan-ikan dari permukaan air. 

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: