5 Fakta Menarik Kutai Martapura, Kerajaan Hindu Tertua Pendahulu Kesultanan Kutai Kartanegara

Rizky Agustian ยท Jumat, 09 Desember 2022 - 16:04:00 WIB
5 Fakta Menarik Kutai Martapura, Kerajaan Hindu Tertua Pendahulu Kesultanan Kutai Kartanegara
Prasasti Yupa. Simak fakta menarik Kutai Martapura selaku kerajaan bercorak Hindu tertua di Indonesia dan pendahulu Kesultanan Kutai Kartanegara. (Foto: Kemdikbudristek)

JAKARTA, iNews.id - Fakta menarik Kutai Martapura patut disimak. Pasalnya, ditemukan berbagai informasi menarik dan unik terkait kerajaan Hindu tertua di Indonesia ini.

Kerajaan Kutai Martapura berbeda dengan Kerajaan Kutai Kartanegara. Berlokasi di tepi Sungai Mahakam, kawasan Muara Kaman.

Sebagai kerajaan Hindu tertua di Indonesia, Kutai Martapura tentu memiliki banyak informasi yang menarik untuk diketahui. Lantas, berikut lima fakta menarik Kutai Martapura, sebagaimana iNews.id rangkum dari berbagai sumber, Jumat (9/12/2022).

Deretan Fakta Menarik Kutai Martapura

1. Kerajaan Hindu Tertua di Indonesia

Fakta menarik Kutai Martapura pertama yaitu kerajaan ini disebut-sebut sebagai kerjaan Hindu tertua di Indonesia. Kutai Martapura didirikan pada abad ke-3 atau tepatnya sekitar tahun 400 Masehi.

Pendirian Kerajaan Kutai Martapura digagas oleh Maharaja Kudungga. Kerajaan ini dinobatkan sebagai kerajaan bercorak Hindu di Indonesia berdasarkan prasasti sejarah yang ditemukan.

2. Berdampingan dengan Kutai Kartanegara

Kerajaan Kutai Martapura memerintah berdampingan dengan Kutai Kartanegara. Kerajaan Kutai Kartanegara sempat bercorak Hindu sebelum akhirnya berubah menjadi kesultanan yang ditandai dengan perubahan corak ke Islam.

Keduanya saling berdampingan dalam menguasai daerah masing-masing sejak Kutai Kartanegara didirikan pada 1.300 Masehi di Tepian Batu atau Kutai Lama.

Editor : Rizky Agustian

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsKaltim di Google News

Bagikan Artikel: