Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman. (Foto: Antara).
Antara

BALIKPAPAN, iNews.id - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman meninjau lokasi pembangunan Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabesad). Lokasi Mabesad tersebut di lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, kawasan Sepaku, Penajam Paser Utara, Selasa (23/8/2022).

Pada kesempatan itu Jenderal Dudung menyampaikan, akan memberikan saran dan  pertimbangan serta perhitungan kepada pemerintah. Saran ini agar penempatan Mabes TNI AD nantinya strategis dan dapat mengamankan Ibu Kota Negara dengan maksimal.

“TNI AD segera menindaklanjuti dengan membangun Sub Detasemen (Subden) Mabesad dan dari hasil peninjauan ini nanti akan kami buat evaluasi untuk memberi saran pada pemerintah," ujar Dudung dikutip dari keterangan Dinas Penerangan TNI AD (Dispenad), Rabu (24/8/2022).

Sebelumnya Jenderal Dudung menerima penjelasan singkat dari pejabat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (KBBPJN) Junaidi ST tentang rencana pembangunan Mabes TNI AD di lokasi IKN.

Pada kesempatan itu dia juga menyampaikan komitmen TNI AD untuk mendukung dan menyukseskan program pemerintah dalam membangun IKN.

Menurutnya, dalam rantai komando TNI AD, melalui Kodam VI Mulawarman, selama ini sudah secara berkelanjutan telah membantu pemerintah daerah dalam pengamanan dan kelancaran proses pembangunan IKN.

"Termasuk dalam rencana membangun Subden Mabesad tadi," ucapnya.

Pada kesempatan itu, Jenderal Dudung juga meninjau lokasi pembangunan Bendungan Sepaku. Waduk tersebut nantinya menjadi pendukung cadangan air di wilayah IKN, Sepaku dan sekitarnya.

Dalam kunjungan itu Jenderal Dudung dampingi oleh Wakasad Letjen TNI Agus Subiyanto, pejabat utama Mabesad, Kabalakpus dan Komandan Pusat Kesenjataan Jajaran TNI AD. 


Editor : Kurnia Illahi

BERITA TERKAIT