BMKG Stasiun Kelas I SAMS Sepinggan menemukan 14 titik panas di Kalimantan Timur. (Foto: BMKG)
Antara

BALIKPAPAN, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi 14 titik panas di Kalimantan Timur (Kaltim) yang semuanya memiliki tingkat kepercayaan menengah. Titik panas tersebut tersebar di empat kabupaten.

"Ke-14 titik panas tersebut terpantau pada Selasa (9/8) mulai pukul 01.00 hingga pukul 24.00 wita," ujar Prakirawan Stasiun BMKG Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Ilham Rosihan Fachturoni di Balikpapan, Rabu (10/8/2022).

Menurutnya, ke-14 titik panas itu telah diinformasikan ke beberapa pihak terutama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di tingkat provinsi maupun kabupaten.

Dua hari sebelumnya, BMKG juga mendeteksi 33 titik panas yang tersebar pada enam kabupaten. Setelah diinformasikan ke pihak terkait, titik panas tersebut langsung ditangani dan hilang.

Menurutnya, 14 titik panas yang terdeteksi kemarin terjadi di lokasi yang berbeda.

"Empat kabupaten yang terdeteksi 14 titik panas itu adalah di Kabupaten Paser ada 2 titik, Kutai Barat 4 titik, Kutai Timur 2 titik, dan Kabupaten Kutai Kartanegara 6 titik," katanya.

Sedangkan rincian per kabupaten adalah untuk empat titik panas di Kabupaten Kutai Barat tersebar di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Penyinggahan ada dua titik, Linggang Bigung dan Kecamatan Muara Pahu masing-masing ada satu titik.

Di Kabupaten Kutai Kartanegara yang terdeteksi enam titik panas, semuanya berada di Kecamatan Muara Wis dengan tingkat kepercayaan menengah.

Sedangkan di Kabupaten Kutai Timur tersebar di dua kecamatan, yakni Kecamatan Teluk Pandan dan Kecamatan Kaubun masing-masing satu titik.

"Dua titik juga terdeteksi di Kabupaten Paser, yakni di Kecamatan Batu Sopang dan keduanya memiliki tingkat kepercayaan menengah," ujar Ilham.


Editor : Reza Yunanto

BERITA TERKAIT