Ratusan Rumah di Paser Kaltim Nyaris Tenggelam akibat Banjir 2 Meter

Fuji Mustopan ยท Rabu, 13 Februari 2019 - 11:46 WIB
Ratusan Rumah di Paser Kaltim Nyaris Tenggelam akibat Banjir 2 Meter
Ratusan rumah dan kendaraan warga nyaris tenggelam akibat banjir di Kelurahan Long Ikis, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Rabu (13/2/2019). (Foto: iNews/Fuji Mustopan)

SAMARINDA, iNews.idBanjir setinggi hampir 2 meter merendam dan nyaris menenggelamkan ratusan rumah warga di Kelurahan Long Ikis, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur (Kaltim), Rabu (13/2/2019). Banjir dipicu luapan Sungai Sekurau menyusul curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir.

Selain merendam sedikitnya 150 rumah di permukiman tersebut, banjir juga merendam sejumlah fasilitas umum seperti bangunan sekolah dasar dan rumah ibadah. Banjir yang datang tiba-tiba pada Rabu dini hari juga membuat warga tidak sempat mengevakuasi kendaraan bermotor.

Sebagian korban harus mengungsi ke tempat lebih tinggi karena tidak mungkin lagi tinggal di rumah yang nyaris tenggelam. Tim evakuasi Satuan Sabhara Polres Paser dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) juga menyisir permukiman warga yang terendam banjir di Kelurahan Long Ikis.

Petugas BPBD dan Polres Paser mengevakuasi warga korban banjir di Kelurahan Long Ikis, Kabupaten Paser, Kaltim, Rabu (13/2/2019). (Foto: iNews/Fuji Mustopan)


Petugas selanjutnya mengevakuasi para korban banjir ke lokasi yang lebih tinggi. Kendati rumah sudah terendam banjir parah, sejumlah warga masih nekat bertahan di rumah untuk menjaga harta benda milik mereka.

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Paser, Norban mengatakan, mereka mengevakuasi warga korban banjir ke tempat yang dinilai aman. BPBD akan membangun tenda darurat dan dapur umum untuk warga yang mengungsi sambil menunggu banjir surut.

“Kami akan pasang tenda dan dapur umum untuk warga yang mengungsi. Kami juga masih kerahkan petugas menyisir permukiman warga,” kata Norban.

Seorang warga masuk ke rumahnya yang terendam banjir di Kelurahan Long Ikis, Kabupaten Paser, Kaltim, Rabu (13/2/2019). (Foto: iNews/Fuji Mustopan)


Dari keterangan warga setempat, banjir seperti ini sudah sangat lama tidak terjadi di lokasi tersebut. Karena itu, banjir membuat warga kaget dan panik. Mereka tidak sempat mengantisipasi untuk menyelamatkan diri beserta harta benda di rumah.

“Air mulai naik jam 03.00 tadi. Tiba-tiba, banjir sudah mengalir deras. Kami enggak sempat menyelamatkan apa-apa, berkas-berkas penting, barang-barang penting, semua terendam banjir. Biasanya kalaupun banjir enggak pernah separah ini,” kata Lestari.


Editor : Maria Christina