Pemkab Paser Minta Ratusan Ormas Tak Aktif Segera Perbaharui Status

Antara ยท Jumat, 18 Februari 2022 - 19:40:00 WIB
Pemkab Paser Minta Ratusan Ormas Tak Aktif Segera Perbaharui Status
Ilustrasi Ormas. (Foto: Istimewa)

PASER, iNews.id - Sebanyak 355 organisasi kemasyarakatan (ormas) yang terdaftar di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, tercatat hanya 45 ormas yang masih aktif. Pemerintah Kabupaten Paser pun meminta agar ratusan ormas yang tidak aktif segere memperbaharui status.

"Ormas yang tidak aktif diharapkan diperbaharui statusnya," kata Kabid Politik Dalam Negeri Kesbangpol Paser Hatono di Paser, Jumat (18/2/2022).

Dia mengatakan Kesbangpol Paser siap membantu pendampingan untuk meregistrasi keberadaan organisasi sehingga memiliki legalitas.

Dia mengatakan kebebasan berkumpul, berorganisasi, dan menyatakan pendapat memang dilindungi undang-undang.

"Konstitusi memberikan hak setiap orang membentuk ormas sebagai wadah untuk berkumpul dan menyatakan pendapat," katanya.

Namun, masyarakat berhak mengetahui mengenai keberadaan organisasi yang ada.

"Bebas berorganisasi dan berpendapat tentunya juga sejalan dengan keterbukaan informasi tentang ormas itu sendiri. Masyarakat berhak tahu, misalnya ormas itu apa kegiatannya. Inilah tugas kami di pemerintah untuk memfasilitasi itu," kata Hartono.

Dia berharap keberadaan ormas bisa membantu pemerintah dalam menyukseskan pembangunan daerah serta menyejahterakan masyarakat.

Editor : Dita Angga Rusiana

Bagikan Artikel: