Pemerintah Pusat Siapkan Rp46 Triliun untuk Bangun Infrastruktur Awal IKN

Dita Angga · Kamis, 17 Februari 2022 - 09:42:00 WIB
Pemerintah Pusat Siapkan Rp46 Triliun untuk Bangun Infrastruktur Awal IKN
IKN Nusantara di Kalimantan Timur. (Foto: Antara)

PENAJAM PASER UTARA, iNews.id - Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Timur (Kaltim) H Hadi Mulyadi mengungkapkan ada kabar bahagia yang terungkap dalam kunjungan Ketua DPR Puan Maharani ke kawasan ibu kota negara (IKN) pada Rabu (16/2/2022). Salah satunya adalah terkait anggaran pembangunan infrastruktur awal IKN Nusantara yang sudah disiapkan sebesar Rp46 triliun.

Hadi mengatakan pembangunan infrastruktur tersebut ada di kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP) IKN. Dalam kunjungan tersebut hadir juga Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Mendagri Tito Karnavian dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. 

"Alhamdulillah, tahun ini untuk infrastruktur awal sudah dianggarkan Rp 46 triliun. Insyaallah tahun-tahun berikutnya akan dianggarkan lagi secara bertahap," kata Hadi dikutip akun Instagram Pemprov Kaltim @Pemprov_kaltim.

Hadi menilai setelah ditetapkannya UU IKN, progres pembangunannya terus bergerak positif. Maka dari itu rencana pembangunan IKN ini harus mendapat dukungan masyarakat Kaltim.
Selain itu, dukungan juga diberikan oleh seluruh warga Indonesia mengingat keseriusan Pemerintahan Presiden Joko Widodo mewujudkan pemindahan ibu kota negara ke Kaltim.

Hadi menegaskan, IKN bukan hanya bermanfaat untuk Kaltim, tapi Indonesia secara luas. Pemindahan IKN, bukan hanya soal pindah ibu kota, tapi pemerataan pembangunan dari Jawa sentris menuju Indonesia sentris.

Wagub juga mencatat pesan penting yang disampaikan Ketua DPR Puan Maharani bahwa pemindahan IKN harus dilakukan secara bersama, tidak bisa hanya oleh pemerintah.

"Panglima TNI tadi mengatakan akan membangun Kodam khusus di IKN," tambah Hadi.

Editor : Dita Angga Rusiana

Follow Berita iNewsKaltim di Google News

Bagikan Artikel: