Apa Itu Feng Shui? Ini Definisi dan Aturan-aturannya

Inas Rifqia Lainufar · Selasa, 21 Juni 2022 - 16:44:00 WIB
Apa Itu Feng Shui? Ini Definisi dan Aturan-aturannya
Apa itu Feng Shui-yin yang (Foto: LightFieldsStudio/Elements Envato)

JAKARTA, iNews.id - Apa itu Feng Shui? Kata Feng Shui sering digunakan dalam pembicaraan seputar rumah atau bangunan. Dilansir dari laman National Geographic, Feng Shui merupakan kata dalam Bahasa Cina yang secara harfiah berarti ‘angin dan air’. 

Feng Shui yang awalnya disebut Bu Zhai ini sudah ada sejak abad ke-16 sebelum masehi. Lalu, apa arti Feng Shui yang sebenarnya? Simak ulasan iNews.id berikut ini.

Apa itu Feng Shui?

Feng Shui merupakan ajaran dari para leluhur di masa Cina kuno mengenai penataan bangunan, benda, dan ruang dalam suatu lingkungan untuk mencapai keselarasan dan keseimbangan.

Pertimbangan Feng Shui dalam penataan bangunan atau lingkungan, maka seseorang dipercaya akan mendapatkan keberuntungan hidup.

Pasalnya, Feng Shui memanfaatkan kekuatan energi dan membangun keselarasan antara individu dan lingkungan sekitar. Tak heran jika Feng Shui kini banyak mempengaruhi desain sebuah rumah hingga tata kota.

Terdapat 3 konsep Feng Shui yang terdiri dari Qhi, Yin dan Yang, serta 5 elemen yang terdiri dari air, kayu, api, tanah dan metal. Pada penerapannya, terdapat beberapa aturan Feng Shui yang dipercaya dapat membawa keberuntungan hidup.

Adapun beberapa aturan Feng Shui tentang penataan atau desain suatu rumah atau bangunan adalah sebagai berikut.

-Di ruang tamu, Anda bisa meletakkan simbol naga untuk menarik rezeki, ikan arwana di sebelah utara, patung kapal dagang emas di sebelah timur, pohon uang di tenggara, dan kodok emas di lantai arah pintu utama dengan ketinggian tidak boleh lebih dari 30 cm dari lantai.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: