6.000 bibit batang pohon durian gelapir dikirim ke Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur.
Antara

PALANGKA RAYA, iNews.id - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengirim 6.000 batang bibit durian gelapir ke Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur. Bibit durian tersebut untuk mendukung pengembangan hortikultura di IKN.

"Ini arahan Direktorat Perbenihan Hortikultura untuk dilakukan penyaluran ke IKN," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Kalteng, Riza Rahmadi di Palangka Raya, Kamis (18/8/2022).

Sebanyak 6.000 batang bibit durian ini akan dibagi masing-masing 2.000 batang ke Kabupaten Paser, Penajam Paser Utara, serta Kutai Kertanegara.
 
Riza memaparkan, bibit durian gelapir diperbanyak melalui teknik sambung pucuk dengan batang bawah lokal dan batang atas dari entres pohon induk asal Desa Pelantaran serta Hapalam, Katingan.
 
"Harapannya ikon hortikultura kita, salah satunya adalah durian dari Kasongan, Katingan berkembang di berbagai daerah serta semakin dikenal lagi," ujarnya.


 
Selain bibit durian, juga disiapkan bibit tanaman hortikultura lain seperti jeruk siam banjar sekitar 10.000 bibit yang juga akan dikirim ke luar daerah.
 
"Kegiatan ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sehingga akan berdampak pada Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)," kata Riza.
 
Selain mengirim bibit hortikultura ke luar daerah, Pemprov Kalteng membudi dayakan berbagai macam jenis buah yang masih terus berlangsung seperti durian, jeruk, lengkeng, pisang dan masih banyak lainnya.


Editor : Reza Yunanto

BERITA TERKAIT