Tim SAR Samarinda mencari ABK yang hilang di Sungai Mahakam setelah perahu ketinting yang ditumpangi bertabrakan dengan perahu lain. (Foto: iNews TV/Dzulfikar Ash)
Dzulfikar Ash

KUKAR, iNews.id – Dua perahu ketinting bertabrakan di Sungai Mahakam, Kota Bangun Ilir, Kecamatan Kota Bangun, Kutai Kartanegara (Kukar). Akibat kecelakaan itu, satu anak buah kapal (ABK) hilang tenggelam.

Kabasarnas Kaltim-Kaltara, Melkyanus Kotta mengatakan, tim SAR Samarinda sudah diterjunkan untuk membantu pencarian ABK bernama Taufik Fahroji.

“ABK Kapal Sumber Rezki itu terjatuh dan tenggelam. Regu SAR bersama BPBD Kukar sudah diterjunkan dan masih mencari keberadaan korban hilang,” katanya, Kamis (1/9/2022).

Dia menjelaskan, kronologi kecelakaan dua perahu ketinting itu berawal saat korban Taufik Fahroji (21) bersama temannya Agus hendak membeli obat di perkampungan.

“Korban bersama temannya ini hendak kembali menuju kapal dok menggunakan ketinting milik ayah korban dengan tidak menggunakan lampu,” katanya.

Melkyanus menjelaskan, saat dalam perjalanan pulang, perahu korban diduga ditabrak ketinting yang tak menggunakan penerangan dari arah berlawanan.

“Korban dan temannya ini jatuh ke sungai, namun teman korban berhasil selamat,” ucapnya. 

Dia menambahkan, upaya pencarian sepanjang Kamis belum membuahkan hasil dan rencananya dilanjutkan Jumat (2/9/2022) besok.

“Kami terkendala arus sungai yang deras dan kondisi yang sudah gelap,” katanya.


Editor : Kastolani Marzuki

BERITA TERKAIT